Lautan Warga Hambat Tim Saat Pencarian Korban Longsor Sukabumi

Lautan Warga Hambat Tim Saat Pencarian Korban Longsor SukabumiWarga sulitkan tim mencari dan evakuasi korban longsor Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Sukabumi -Lautan warga menyesaki expanse pencarian dan evakuasi korban bencana tanah longsor di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Mereka datang untuk melihat proses pencarian dan evakuasi di lokasi tersebut.


Pengamatan detikcom sejak pagi hingga sore, warga tetap bertahan di sekitar lokasi. Bahkan terus merangsek mendekati expanse yang seharusnya steril. Petugas sempat memasang garis polisi di jalan setapak menuju longsoran, namun hal itu tidak bisa membendung keinginan warga untuk terus mendekat.

Hal itu dikeluhkan Danrem 061/Suryakancana Bogor Kolonel Inf grand Hasan yang menjelaskan proses evakuasi terhambat dengan banyaknya masyarakat di sekitar lokasi.

"Evakuasi terhambat oleh orang yang tidak berkepentingan. Kita berharap warga untuk tidak mendekat ke lokasi karena itu sangat mengganggu," kata Hasan kepada awak media di Posko Bantuan, SD Cimapag, Selasa (1/1/2019).

"Tadi saya lihat masih ada masyarakat yang hanya sekadar berdiri tapi tidak memberikan bantuan apa-apa. Sehingga lebih banyak yang menonton daripada yang menggali," lanjut Hasan.

Lautan Warga Hambat Tim Saat Pencarian Korban Longsor SukabumiFoto: Syahdan Alamsyah

Rencananya Rabu two Januari 2019 besok akan dilakukan penataan dan penyekatan agar kendaraan atau orang tidak bisa seenaknya masuk ke expanse steril.

"Besok kita atur lagi, penyekatan mulai dari kendaraan dan orang. Sehingga kegiatan atau proses pencarian dan evakuasi tidak terhambat," ujarnya.

Sumber detik.com

Artikel Terkait