Lembaga Indikator Jelang Debat: Jangan Sepelekan Ma'ruf Amin


Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai sosok calon Wapres Ma'ruf Amin tidak sanggup dianggap remeh jelang debat capres cawapres perdana, 17 Januari mendatang. Meski, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini belum pernah mengecap ajang debat pilpres.

"Kita jangan sepelekan Pak Ma'ruf. Beliau ini menerima gelar guru besar, lalu juga menerima doktor honoris causa dan dikenal sebagai pakar ekonomi syariah. Dan jangan lupa ia guru besar dalam tradisi ilmu logika perdebatan kaidah. Luar biasa jago," ucap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, di kantornya, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Namun, ia menyadari, banyak yang mengkritik gaya berpolitik Ma'ruf Amin. Namun, terperinci sosok mantan Rais Aam punya modal.

"Memang yang jadi kritik sebagian orang ialah exposure-nya di media mainstreamyang kalah dari Sandi. Tapi sebetulnya Ma'ruf punya modal intelektual untuk sanggup bersaing," terperinci Burhanuddin.

Prabowo Dinilai Over Confidence

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin dikala ngobrol santai bareng wartawan di rumahnya, Jakarta, Kamis (6/12). Ma'ruf bercerita ihwal dirinya yang dikabarkan jatuh sakit. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Dia menyadari, serangan dari Ma'ruf memang tak sekencang kandidat lainnya. Tapi dengan pengalaman menyerupai itu, sanggup jadi senjatanya Jokowi.

"Kalau Ma'ruf tampil wow di debat, itu sanggup menjadi senjata Jokowi. Makara salah satu yang menciptakan Pak Jokowi cemerlang di 2014 ialah ekspektasi kepada Jokowi yang rendah. Dulu orang pikir Jokowi akan jadi makanan empuk Prabowo, tapi yang terjadi sebaliknya. Prabowo over confidence jadi penampilannya tidak luar biasa, Jokowi sebaliknya," terperinci Burhanuddin.

Oleh alasannya ialah itu, lanjut dia, dengan pengalaman Jokowi di 2014 menyerupai itu, sanggup jadi akan terulang di sosok Ma'ruf Amin.

"Ma'ruf sanggup punya potensi menyerupai itu. Karena selama ini orang anggap Ma'ruf semata-mata tokoh agama," pungkasnya. [liputan6.com]

Artikel Terkait