Pagi Ini, Joko Widodo Lantik Doni Monardo Jadi Kepala Bnpb


Letjen Doni Monardo akan menggeluti pekerjaan barunya terkait dengan penanganan musibah di Tanah Air. Ya, ia didapuk menggantikan Willem Rampangile sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Rencananya, pagi ini, Rabu (9/1/2019), jenderal bintang tiga Tentara Nasional Indonesia itu akan dilantik di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pukul 09.00 WIB.

Sebenarnya, peresmian Doni Monardo harusnya dilakukan pekan lalu, atau tepatnya pada Rabu 2 Januari 2019. Namun, mantan Danjen Kopassus itu urung dilantik karena masih harus menunggu terbitnya Keppres.

Kepala Staf Kepresiden (KSP) Moeldoko mengatakan, peresmian Doni Monardo ditunda sebab permasalahan manajemen sebab perlu adanya revisi Perpres untuk mengubah kedudukan BNPB di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Doni Monardo merupakan perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat yang sekarang tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional semenjak 14 Maret 2018. Ia lahir di Cimahi, Jawa Barat, pada 10 Mei 1963. Doni menamatkan pendidikan di Akademi Militer pada 1985 dan berpengalaman dalam bidang infanteri. Kariernya pun terbilang cemerlang.

Karier emasnya terukir kala dirinya diangkat sebagai Danjen Kopassus hingga Juli 2015. Setahun kemudian, laki-laki yang hebat bela diri dan menembak itu dipercaya menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura hingga 27 Oktober 2017, kemudian Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Sejak 14 Maret 2018, Doni Monardo menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional dengan pangkat letnan jenderal. Dan kini, prajurit bergelimang prestasi itu bakal berurusan dengan pekerjaan barunya ialah terkait penanganan peristiwa alam. Selamat bertugas jenderal!. [okezone.com]

Artikel Terkait