Momen Joko Widodo Ajak Anies Borong Kerupuk Dan Gorengan Di Tambora


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke tempat Tambora, Jakarta Barat. Dalam kunjungannya itu, Jokowi mengajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memborong dagangan warga.

Momen itu terjadi ketika Jokowi yang didampingi Anies meninjau agenda Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Pemodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Bola Persima, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (9/1/2019). Di tengah lapangan tersebut terdapat tenda terpal, sementara sekelilingnya lapangan becek dan sebagian banyak genangan.

Dalam peninjauannya itu, Jokowi mengimbau semoga dukungan modal Rp 2.000.000 yang diberikan ke warga sanggup dimanfaatkan untuk modal perjuangan dengan baik.

"Saya sebelumnya sudah lihat agenda Mekaar kita ini di Bogor. Saya tanyakan juga satu persatu sanggup nyicil dan ngangsur nggak? Saya lihat ada 3 warung di situ juga. Pagi ini aku mau tanya ke ibu-ibu semuanya, alasannya yakni di seluruh Indonesia ada 4 juta 57 ribu, peserta agenda Mekaar. Ini perjuangan super mikro yang dibantu oleh pemerintah di setiap provinsi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dengan adanya agenda Mekaar ini, dibutuhkan sanggup membantu perjuangan yang dijalani warga. "Jangan sudah dibantu usahanya tetap saja. Kan sudah dibantu Rp 2-3 juta, bila perjuangan nasi uduk dibantu Rp 2 juta tambah jualan gorengan, tambah bakso lagi," katanya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi berdialog dengan warga yang menerima modal dan menjalani usaha. Usai dialog, Jokowi juga sempat meninnau pribadi beberapa lapak yang dijajakan di ppinggir tenda.

Lapak tersebut menjual banyak sekali jenis dagangan, di antaranya dagangan masakan masakan, gorengan sampai kerupuk dan minuman. Jokowi pun memborong dagangan warga itu.

Jokowi membeli beberapa bungkus kerupuk. Dia juga memborong beberapa kantong plastik gorengan yang dijajakan. Melihat Anies yang juga meninjau lapak warga itu, Jokowi mengajak untuk memborong.

"Borong gorengan Pak Gub," kata Jokowi.

"Iya Pak," kata Anies yang kemudian mendekat ke lapak gorengan.

Tak usang kemudian, Jokowi dan Anies meninggalkan lokasi tersebut. Jokowi dan Anies tampak berhati-hati ketika melangkah, alasannya yakni jalan yang dilewati becek dan licin.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi juga sempat dipanggil warga untuk bersalaman dan foto bersama. Jokowi meladeni permintaan warga itu. [detik.com]

Artikel Terkait