Paradise Papers


Kalau anda mau menyimpan harta biar kondusif selama 6 masa maka tidak ada daerah teraman didunia kecuali di wilayah trustee atau biasa disebut dengan negara tax haven. Dimana negara itu ? negara itu hanya sebuah pulau kecil atau teritory kecil dengan komunitas juga kecil. Ia ibarat negara dalam negara. Saat kini negara negara dimaksud yakni Jersey, Delaware, Puerto Rico di Amerika, Isle of Man di UK, Ada juga di wilayah british teritory ibarat Bermuda, British Virgn Islands dan Caymand Island. Sekarang pertanyaannya yakni mengapa hingga ada negara yang tidak menganut aturan international itu ? Sejarah wilayah trustee ini jauh lebih renta dari peradaban sekarang. Wilayah trustee itu sebenarnya bangun alasannya yakni aturan Gereja , yang disebut Trusee Act. PBB mengakui bahwa aturan lebih renta tidak sanggup dihapus oleh aturan gres kecauli dihapus oleh pemilik aturan itu sendiri. Dan aturan gereja yakni aturan tertua dari aturan modern.

Mengapa aturan Trustee itu dibentuk oleh Gereja? Gini ceritanya. Dulu waktu perang salip banyak para kesatria Eropa berperang ke Timur Tengah meninggalkan istri dan selir serta harta. Namun sesudah mereka kembali dari perang, semua harta dan istrinya telah di jarah orang lain. Maklum mereka pergi berperang bukan bersahabat tapi jauh yang butuh tahunan berkelana. Kaprikornus masuk akal sesudah kembali semua yang di tinggalkan diambil orang. Mereka protes kepada Pemimpin Gereja. Karena mereka perang atas nama gereja tapi gereja tak sanggup menjaga harta mereka. Karenanya dibuatlah UU trustee. Yang memungkinkan harta itu dijamin kondusif oleh gereja hingga 600 tahun. Dengan UU trustee itu memungkinkan harta di catat oleh gereja dengan tingkat kerahasiaan tinggi. Karena diam-diam maka harta itu tidak sanggup dijadikan sasaran pajak bagi negara. Gereja juga bertindak sebagai wali amanah atas harta warisan kepada andal waris.

Dalam perkembangan berikutnya , wilayah trustee ini menjadi daerah kondusif bagi orang menyimpan uang. Apakah uang ada di wilayah trustee ? tidak. Phisiknya ada dimana saja tapi catatan kepemilikan menurut aturan trustee yang bebas pajak. Karena sifatnya diam-diam , orang gunakan perusahaan yang terdaftar di wilayah trustee untuk pemindahan rekening antar pemilik uang tanpa harus bayar pajak, tanpa harus tunduk dengan aturan cross border transfer yang ditetapkan oleh BIS. Makanya sketsa penyimpanan harta diwilayah trustee menciptakan orang kaya super kaya yang malas menyebarkan menjadi sangat menarik. Mereka sebut wilayah trustee yakni sorga. Kan disorga orang engga perlu bayar pajak dan sanggup mampu bidadari 72. Yang memang jikalau ingin mencicipi sorga sex yang berkelas datanglah ke Nassau, Caymand atau Panama.

Walau sifatnya hanya perusahaan cangkang yang hanya berfungsi sebagai catatan saja namun tidak mengurangi legitimasinya sebagai entity business sebagaimana lazimnya. Soal jenis perjuangan tidak penting bagi wilayah trustee. Anda sanggup mendirikan forum keuangan atau apa saja. Engga ada masalah. Semua proses pendirian perusahaan itu hanya seminggu selesai. Kalau anda mau IPO melalui limited offer, tidak perlu izin OJK. Tidak perlu tunggu untung sekian tahun. Buka hari ini, hari ini anda sanggup jual saham ke investor atau surat utang. Tapi tidak semua orang punya perusahaan cangkang bertujuan negatif. Ada juga dengan tujuan positip. Seperti sebagai daerah yang aman, nyaman dan cepat untuk deal dengan sketsa hedge fund untuk menarik dana dari Sophisticated investor. Kebetulan saya punya perusahaan itu dan nama saya terdaftar dalam Paradise papers. Kaprikornus jikalau ada hater sebut nama saya, jangan buru buru tuduh saya jahat ibarat koruptor.

Bagaimana mendirikan perusahaan tersebut ? praktis , anda sanggup melaksanakan aplikasi secara online melalui situs agent fiduciary tanpa harus tiba ke negara tersebut.Biayanya tak lebih USD 2000. Data dana asal Indonesia yang ditempatkan di OFC (offshore financial center ) trustee regions mencapai USD 200 billion lebih. Jumlah ini jauh lebih besar dari cadangan devisa negara kita. Yang terang data yang dipublikasikan oleh Ford Foundation melalui laporan Global Financial Integrity dari tahun 2002 hingga dengan 2010 jumlah dana asal Indonesia yang parkir diwilayah trustee mencapai USD 108,89 billion. Ini harta dalam bentuk uang tunai. Tidak termasuk dalam bentuk property, Stock, Bond dll yang dokumen kepemilikannya ditempatkan di forum custodian yang juga berada di wilayah trustee.

Kini walau penempatan dana pada wilayah trustee kondusif namun hampir semua negara restriction dengan lalulintas dana offshore. Apalagi ada konsesus transfaransi antar sesama anggota OECD. Disamping itu ongkos penempatan dana dan mobilisasi dana offshore juga tergolong mahal. Kaprikornus hanya satu alasan orang menempatkan dananya pada rekening offshore yaitu untuk menyembunyikan kepemilikan dana tanpa kehilangan hak mengendalikan dana. Simpulkanlah sendiri siapakah mereka itu?

Sumber https://culas.blogspot.com/

Artikel Terkait