Pemda Diy Segera Perbaiki Jalan Rusak Ke Tpst Piyungan

Pemda DIY Segera Perbaiki Jalan Rusak ke TPST Piyungan Foto: Usman Hadi/detikcom

Yogyakarta - Jalan rusak menuju Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Piyungan, Bantul yang sempat diblokir warga akan segera diperbaiki. Pemda DIY sudah menyiapkan anggaran dan memprioritaskan untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Tidak hanya komitmen (perbaikan jalan), ini sekarang sudah kita lakukan untuk tahap awalnya ya perbaikan sementara dulu, yang penting layak untuk lewat. Terus 2019 sudah kita anggarkan," jelas Gatot saat dihubungi, Rabu (2/1/2018).

Sebelumnya sejumlah warga di Dusun Ngablak, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, memblokir akses jalan menuju TPST Piyungan. Penyebabnya karena jalan tersebut rusak parah, namun tak kunjung diperbaiki pemerintah.

"Kemarin sudah komunikasi ke saya, jadi intinya memang bahwa jalan itu tidak semata-mata digunakan untuk jalur distribusi sampah. Tapi di situ kan ada lingkungan, ada permukiman yang memang harus kita perhatikan," ungkap Gatot.

"Ternyata yang terjadi jalannya rusak karena hujan kemarin, sehingga dianggap bahwa jalan itu tidak layak untuk lingkungan. Nah, yang jadi penyebabnya truk (pengangkut sampah) yang lewat, masyarakat langsung nutup tidak boleh lewat," lanjut Gatot.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, lanjut Gatot, Pemda DIY diwakili instansi terkait sudah bermusyawarah dengan warga setempat. Akhirnya disepakati bahwa pemerintah harus memperbaiki jalan tersebut.

"Oke, kalau (persoalannya) jalan ya kita perbaiki segera, karena ini kewajiban pemerintah. Tapi (perbaikannya) butuh waktu kan mas, butuh pihak ketiga, butuh proses lelang. Artinya yang penting anggaran sudah disiapkan," pungkas dia.

Sumber detik.com

Artikel Terkait