Selain Tidur Bak Kelelawar, Ada Napi Pilih Bikin Dipan Tingkat

Selain Tidur Bak Kelelawar, Ada Napi Pilih Bikin Dipan TingkatRutan Bagansiapiapi overkapasitas. (istimewa)

Bagansiapiapi -Kondisi lapas dan rutan di Riau seluruhnya overpenghuni. Tak terkecuali Lapas Pasir Pangaraian di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

"Kondisi sama juga seperti yang lainnya. Di lapas kami juga overkapasitas, tidak jauh beda dengan lainnya," kata Kalapas Pasir one 1000 Lukman kepada detikcom, Rabu (2/1/2019).


Lukman menjelaskan hingga saat ini Lapas Pasir dihuni 763 orang. Padahal idealnya lapas ini hanya layak huni untuk 175 orang.

"Jumlah penghuni di lapas kita, 609 condition napi, 184 tahanan titipan, dan iii orang napi kasus korupsi," kata Lukman.

Dari jumlah tersebut, kata Lukman, tercatat 50,4 persen merupakan napi dan tahanan yang tersandung kasus narkoba. Sisanya tersandung dalam kasus kriminal umum.

"Ya macam-macam sisanya, ada kasus pembunuhan, pencurian, dan banyak lagi," kata Lukman.


Dengan kondisi lapas yang juga overkapasitas, pihaknya sudah membuat tempat tidur dalam ruangan bertingkat dua. Ini dilakukan agar para penghuni bisa tidur tanpa berdesakan.

"Kita telah membuat tempat tidur yang bertingkat dengan lantai papan. Ini sebagai solusi agar memudahkan para penghuni untuk tidur," kata Lukman.

Sumber detik.com

Artikel Terkait