Soal Tes Baca Alquran Untuk Capres, Hnw: Yang Uji Harus Punya Ijazah

Soal Tes Baca Alquran untuk Capres, HNW: Yang Uji Harus Punya IjazahHidayat Nur Wahid (Foto: dok. MPR)

Jakarta -Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menanggapi undangan tes membaca Alquran bagi capres-cawapres dari Dewan Ikatan Dai Aceh. Menurut Hidayat, tes itu bisa dilakukan tapi dengan sejumlah syarat. Apa itu?

"Yang melaksanakannya harus betul-betul berkualifikasi kelas presiden, mempunyai rujukan intelektual ijazah. Biar dia memang layak untuk menguji dalam hal baca Alquran. Dibuktikan dengan ijazah," kata Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/1/2019).


Undangan tes baca Alquran itu sebelumnya datang dari Dewan Ikatan Dai Aceh. Kedua pasangan capres-cawapres ini diundang untuk ikut tes baca Alquran demi mengakhiri polemik soal keislaman para calon. Rencananya, tes membaca Alquran dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada xv Januari 2019.

Menurut Hidayat, penguji tes membaca Alquran itu harus orang yang kompeten dan memenuhi kualifikasi. Sebab, lanjut dia, uji terhadap capres-cawapres tak bisa sembarangan.

"Dalam hal ini, otoritas terkait dalam ilmu Alquran, membaca Alquran, tajwidnya, qiroah-nya. Makanya yang menguji harus mendapatkan posisi yang diakui dia sebagai ahli dan layak untuk menguji capres-cawapres. Jangan sampai yang menguji pun ternyata juga baca Alquran juga belum tentu," jelas Hidayat.


Selain itu, andai tes itu jadi dilaksanakan, Hidayat meminta penyelenggara berani memutuskan dan mengumumkan hasil penilaian baca Alquran kedua paslon, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia juga meminta agar tes baca Alquran digelar secara terbuka.

"Harus dilakukan secara terbuka, sampaikan bagaimana hasilnya itu, siapa yang lulus siapa yang tidak lulus. Lulus semuanya atau tidak lulus semuanya, ya kita semua nanti akan melihatnya," pungkas dia.



Saksikan juga video 'HNW: Boleh Tes Baca Alquran untuk Capres-Cawapres, Asal...':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait