Upk Badan Air Dki Ungkap Penyebab Munculnya Busa Di Kali Item

UPK Badan Air DKI Ungkap Penyebab Munculnya Busa di Kali ItemBusa di Kali Item mulai menghilang. (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Jakarta -Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air DKI Djakarta menyatakan busa tebal yang muncul di Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, disebabkan oleh operasional pompa air di Danau Sunter Selatan. Operasional pompa itu mengalirkan air dari Danau Sunter Selatan ke Kali Item.

"Terjadi karena operasional pompa yang menyedot air dari Waduk Sunter Selatan one ke Kali Sentiong," kata Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Djakarta Utara Lambas Sigalingging saat dimintai konfirmasi, Selasa (1/1/2019).


Lambas mengatakan saat penyedotan debit air berlebih di Waduk Sunter Selatan yang dialirkan ke kali, fenomena tersebut biasa terjadi. Seusai penyedotan, busa disebut akan berangsur-angsur hilang.

"Kenapa busa banyak itu, itu tergantung kondisi dari waduk," ujar Lambas.

"Itu tidak hal yang luar biasa, itu selalu terjadi," sambungnya.


Busa tebal yang sempat muncul di Kali ItemBusa tebal yang sempat muncul di Kali Item. (Arief Ikhsanudin/detikcom)


Selain itu, petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup, Arsin (50), yang bertugas di Danau Sunter Selatan, memperkirakan busa terjadi saat air dari danau dan air kali bercampur. Jarak antara stasiun pompa dan Kali Item hanya dibatasi Jalan Sunter Jaya.

"Kan air dari danau di pompa, kemudian air ke kali, nah karena mungkin kotor, bergolak terus ada busanya," ucap Arsin.


Arsin menyebut ketebalan busa tidak terlalu sama. "Nggak tentu, sih. Tapi emang nggak tiap hari ada," ucap Arsin.

Busa tebal yang di atasnya ada bintik hijau sempat muncul di Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran hari ini dan menjadi tontonan warga. Busa tebal itu perlahan hilang terbawa arus air.



Simak juga video saat 'Waring Kali Item Kok Dicopot, Pak Anies?':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Artikel Terkait