Rumus Cepat Phytagoras

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung spider web log gue :). Slamat datang di spider web log paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin spider web log gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Cepat Phytagoras, Tanpa panjang lebar lagi yo banking company fit it out !
Rumus Phytagoras
Rumus phytagoras biasanya digunakan untuk mencari sisi segitiga siku-siku. Dan rumus yang biasa teman-teman gunakan adalah a2 = b2 + c2. Tapi pertanyaannya gimana kalo di soal angkanya besar, pasti teman-teman akan aga sediki banyak memakan waktu untuk mengerjakannya. Nah maka dari itulah Pajar ingin memberi rumus cepat phytagoras kepada teman-teman.

Rumus Cepat Phytagoras

Rumus cepatnya yaitu dengan menggunakan triple phytagoras.Hapalkan triple phytagoras di bawah !

Dasar triple phyatogoras :

  • 3, 4, 5
  • 5, 12, 13
  • 7, 24, 25
  • 8, 15, 17

Triple phytagoras di atas adalah dasar dari triple phytagoras. Untuk selebihnya adalah kelipatan-kelipatan dari triple phytagoras di atas.

Contoh soal :

Tentukan BC pada gambar di atas !

Jawab :
Diketahui :
air conditioning = vi
AB = 8

Ditanyakan :
BC = ..???

Karena yang kita cari adalah sisi miring yang artinya sisi yang paling panjang, maka susunannya :
6, 8, ....

Untuk mencari BC kita tidak perlu menggunakan rumus phytagoras tapi lihat pada triple phytagoras di atas, mana yang merupakan kelipatannya.
Karena jika 6 dan 8 dibagi 2 hasilnya adalah 3 dan 4, dan itu artinya sama dengan triple phytagoras 3, 4, 5. Maka apabila 3, 4, 5 dikali juga dengan 2 maka hasilnya 6, 8, 10.

Maka sisi miring atau BC adalah 10.

Mudah kan teman teman ????
Silahkan teman-teman praktikan ke soal-soal dengan angka yang lebih besar, dan pasti akan sangat-sangat mudah.

Catatan : jika dari keempat dasar triple phytagoras di atas tidak ada yang merupakan kelipatannya. Maka tidak dapat diselesaikan dengan rumus ini.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Artikel Terkait