Cara Terbaruu Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru 2018/2019


Assalamu'alaikum wr.wb. selamat tiba di website infokemendikbud.web.id dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru semua...


simak informasi terbaru yang sangat penting berikut ini tentang CARA TERBARUU MERUMUSKAN INDIKATOR PADA K13 REVISI TERBARU 2018/2019




Setelah mengalami revisi, perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada Kurikulum 2013 (K13 menjadi bab penting. Untuk mencapai titik kompetensi dasar sesuai dengan sasaran guru pada acara berguru mengajar, maka diharapkan indikator pencapaian . Dalam merumuskan indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ada kaidah-kaidah yang harus di cermati.

Menurut Mulyasa (2007:139), indikator yaitu sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi contoh evaluasi mata pelajaran. Fungsi indikator yaitu untuk menyebarkan materi pembelajaran atau materi ajar, mendesain acara pembelajaran, dan merancang dan melakukan evaluasi hasil belajar.

Ketentuan Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Indikator dirumuskan dari KD

2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang sanggup diukur

3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, terang dan gampang dipahami.

4. Tidak memakai kata yang bermakna ganda

5. Hanya mengandung satu tindakan.

6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan akseptor didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.

Untuk indikator dianalisi menurut tingkat aspek UKRK (urgensi, keterkaitan, relevansi, dan keterpakaian) kompetensi pada KD. Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya beropini bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain yaitu: proses berfikir (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan.

Contoh Rumusan Indikator Sesuai Taksonomi Bloom

Muatan Pelajaran: PKn (Buku Guru Kelas 1, Tema 6, Sub Tema 1, Pembelajaran 1, Hal:3)

KD: 3.2  Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

Mengidentifikasi = C1 ( Mengingat ) Taksonomi Bloom

Indikator:
3.2.1  Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


Sumber : http://www.sekolahdasar.net/


Demikian informasi dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di website infokemendikbud.web.id Kami senantiasa memperlihatkan informasi dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari aneka macam sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda biar informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait