Sayang Sekali ... Banyak Yang Butuh Tapi Belum Ada Jurusan Ini Di Universitas Tanah Air

Dunia kerja memang sudah berkembang sangat pesat, sekarang bukan hanya dokter atau akuntan yang diharapkan oleh banyak orang. Saat ini telah banyak banyak sekali profesi gres yang diharapkan oleh banyak sekali instansi atau perusahaan. Namun sayangnya, hingga ketika ini masih belum ada jurusan perkuliahan di tanah air yang sanggup mengakomodasi profesi tersebut.

Mau tahu jurusan apa saja yang sebetulnya dibutuhkan di Indonesia namun sayangnya belum ada universitas tanah air yang memilikinya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bisnis Online

Dunia bisnis digital ketika ini telah berkembang dengan sangat pesat, di Indonesia sendiri para pelakunya mencar ilmu secara belajar sendiri tanpa adanya jalur akademis. Jika ini dibiarkan terus-menerus, sanggup jadi perkembangan bisnis digital di Indonesia akan kalah dengan negara-negara lain.

Ke depannya, kalau hanya menurut pengalaman saja maka tak akan sanggup menjawab tantangan dari kompetitor lainnya. Untuk sanggup menganalisa lini bisnis tersebut, masih diharapkan kajian ilmiah lewat banyak sekali jurusan di kursi kuliah.

Untuk negara-negara maju ibarat Inggris dan Amerika, jurusan bisnis online telah usang diajarkan dalam kursi kuliah. Sebut saja Kaplan University, University of North Carolina, Seattle University, McKinley College, Clarkson University, Western Michigan University dan banyak universitas lainnya yang telah mempunyai konsentrasi di bidang bisnis online.

2. Penulisan kreatif

Hampir semua perusahaan mempunyai situs atau website untuk setiap produknya, banyak sekali media digital juga mengalami perkembangan yang terbilang sangat pesat. Hal itu pun diikuti dengan kebutuhan konten yang selalu saja meningkat melalui adanya penulisan kreatif. Sayangnya hingga ketika ini, di Indonesia belum mempunyai universitas yang mempunyai jurusan khusus membahas penulisan kreatif.

Sedangkan di cuilan negara yang lain, penulisan kreatif menjadi salah satu jurusan favorit di universitas yang mereka miliki. Diambil dari laman College Magazines, inilah 10 universitas yang mempunyai jurusan penulisan kreatif paling baik di Benua Amerika, Emory University, Colombia University, University of Virginia, New York University, oberlin college, Washington University, Brown University, John Hopkins University, University of Texas, dan University of Iowa. Kita tunggu kapankah jurusan penulisan kreatif akan mampir di Indonesia.

3. Drama televisi

Sangatlah mengenaskan, ketika kita mengetahui kalau pemirsa televisi di Indonesia secara umum dikuasai menyaksikan drama atau sinetron televisi. Namun sayangnya jurusan drama televisi tidak ada di universitas di Inonesia ini.

Memang jurusan drama telah ada, terlebih lagi jurusan film dan televisi pun sudah ada di beberapa universitas terkemuka di Indonesia. Tetapi kalau berbicara wacana jurusan sinetron atau drama televisi, kita hanya sanggup geleng-geleng kepala saja.

Kenyataan yang kita lihat yaitu kualitas sinetron kita yang jauh bila dibandingkan dengan sinetron negara lain. Jika sudah begini, tidak mengherankan kalau televisi negara kita berisi sinetron dari negara-negara lain ibarat India, Turki, Korea Selatan dan bahkan dari negara tetangga kita, Filipina.

3. Komunikasi digital atau media sosial

Permasalahan yang juga diiringi dengan peluang dari media umum ketika ini namanya tak sanggup dikendalikan di Indonesia. Semakin usang semakin kompleks saja permasalahan media umum di tanah air. Hal itu seharusnya mulai dipikirkan secara serius oleh dunia pendidikan.

Sayangnya hanya terdapat mata kuliah saja untuk membahasan media sosial, sehingga ketika ini hal itu masih belum mencukupi kebutuhan yang ada. Beberapa universitas di negara maju telah mempunyai jurusan komunikasi digital yang cukup mumpuni, sebut saja New York University di Amerika Serikat, the University of Queensland di Australia, dan beberapa universitas lainnya.

Sepertinya pendidikan di Indonesia harus ekstra kerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari banyak negara maju di dunia ini. Kita tidak mau kan generasi muda Indonesia yang berkualitas berkarya di negara lain? 

Sumber : www.bernas.id

Demikian info dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di website infokemendikbud.web.id Kami senantiasa memperlihatkan info dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait