Ada Pemilu, Jadwal Un 2019 Dipercepat?

Info Pemerintah –Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah Pertama sederajat se-Indonesia tahun depan nampaknya akan dipercepat. Hal ini menyerupai yang diungkapkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Balitbang Kemendikbud, Mochammad Abduh. 

Menurut dia, penyelenggaraan UN Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas sederajat tahun depan memang agak berbeda. “Karena barengan dengan tahun politik, jadwalnya berdekatan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden,” katanya.

Jika kondisi normal menyerupai tahun lalu, UN dimulai untuk jenjang Sekolah Menengah kejuruan pada ahad kedua April. “UN ini sambung-menyambung, habis Sekolah Menengah kejuruan pribadi SMK/MA disusul Sekolah Menengah Pertama sederajat. Kalau diawali di ahad kedua tidak bisa. Sebab, sehabis Pileg/Pilpres ada Jumat Agung. Praktis, di ahad itu tidak sanggup dipakai,” ujarnya.


Jika dilakukan pada ahad ketiga April, maka akan berlanjut hingga Ramadan. Padahal, selama ini sudah ada hukum dihentikan ada aktivitas selama bulan suci. “Karena itu, kami akan berkoordinasi dengan Kemenag dan MUI. Apakah boleh dilakukan di bulan puasa atau tidak. Kalau dihentikan ya konsekuensinya harus maju,” imbuhnya.

Meski begitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap berupaya dan mendorong UN tetap dilaksanakan pada April dan di awal puasa. “Kita sedang koordinasi tunggu kabar selanjutnya,” terangnya. Selain itu, Abduh menyampaikan bahwa untuk UN pihak Kemendikbud mencoba melaksanakan koordinasi dengan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Koordinasi ini untuk menyikapi pelaksanaan UN di tempat bencana.

Sumber : metropolitan.id

Demikian gosip dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa memperlihatkan gosip dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda supaya informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait