Jokowi Pimpin Upacara Hari Jagoan Di Tmp Cikutra Bandung


Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang di Bandung, Jawa Barat. Jokowi eksklusif memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Cikutra.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Jokowi mendarat di Lanud Tentara Nasional Indonesia AU Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pukul 07.45 WIB, Sabtu (10/11/2018). Kehadiran Jokowi disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selanjutnya Jokowi dan rombongan eksklusif menuju Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Cikutra. Jokowi datang di lokasi ini pukul 08.05 WIB.

Beberapa menit lalu Jokowi masuk ke lapangan upacara selaku Inspektur Upacara. Jokowi tampak mengenakan setelan jas warna biru, dasi merah dan peci warna hitam.

Upacara dimulai sehabis Komandan Upacara memperlihatkan laporan. Ditandai dengan proses penghormatan kepada pendekar dipimpin Komandan Upacara dengan diikuti perilaku hormat senjata.

Proses lalu dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan ditandai suara sirine selama 60 detik. Setelah itu Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa-jasa para pendekar dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi dilanjutkan dengan musik lagu Gugur Bunga.

Jokowi lalu melaksanakan peletakan karangan bunga di tuga TMPN Cikutra dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pendekar oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Jokowi lalu melanjutkan prosesi dengan melaksanakan tabur bunga di makam para pahlawan. [detik.com]

Artikel Terkait