Kemendikbud Akan Hidupkan Lagi Mata Pelajaran Pmp, Inilah Alasanya

Info Pemerintah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengembalikan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Mata pelajaran zaman orde gres itu dianggap penting untuk menguatkannya nilai Pancasila.

"PMP kita akan kembalikan lagi alasannya yaitu ini banyak yang harus dihidupkan kembali, bahwa Pancasila ini luar biasa buat bangsa kita, itu mungkin yang akan kita lakukan," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano usai upacara peringatan hari guru di gedung Kemendiknas.

Dia menyampaikan planning itu masih dalam pembahasan. Belum terang apakah ada pengurangan atau penambahan materi PMP yang gres dengan yang pernah digunakan sebelumnya.

"Ini masih dibahas, kita akan bahas," ujarnya.

Selain itu, Kemendikbud juga merencanakan sistem gres untuk pemerataan guru di Indonesia. Para guru akan disebarkan sesuai zonasi.

"Selanjutnya dalam rangka ekspansi jalan masuk pemerataan mutu dan percepat terwujudnya guru profesional, pada tahun yang akan tiba Kemendikbud akan menerapkan kebijakan sistem zonasi. Kebijakan sistem zonasi dibutuhkan akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air," kata dia.


Supriano menambahkan, sistem zonasi itu sanggup membantu pemetaan sekolah yang kekurangan guru. Dalam planning tersebut, zonasi gres dibatasi dalam wilayah kabupaten atau kota.

"Pemerataan guru nanti kita lihat per zonasi, kini ini kan sedang rakor dengan kabupaten kota, dengan provinsi, kementerian atau forum pengambil keputusan yang ada di sini, Kemenpan, Kemendagri, Kemenkeu. Yang pertama kita lihat kebutuhan per zona dulu, apakah zona itu kelebihan guru atau kekurangan guru, jadi gres bermain di tingkat kabupaten kota," pungkasnya.

Sumber : detik.com

Demikian gosip dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa memperlihatkan gosip dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda agar informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait