Perempuan Tangguh Pilih Joko Widodo Berkampanye Dengan Tari Dan Nyanyi Daerah





Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) akan menggelar tari massal di beberapa kawasan di Indonesia dalam kampanyenya mendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Gelaran tari dan nyanyi ini akan melibatkan seluruh anggota Pertiwi di beberapa kawasan di Indonesia, serta anggota Pertiwi di luar negeri.

Ketua Umum Pertiwi, Putri K Wardani mengatakan, menari massal ini merupakan rencana Pertiwi untuk mengisi kampanye yang besar hati melalui pendekatan kultural. Ia lebih lanjut menjelaskan, aktivitas ini merujuk pada proposal Presiden bahwa pesta demokrasi sebaiknya diisi dengan berkampanye secara besar hati dan lebih mengedepankan persatuan bangsa.

“Gelaran tari dan nyanyi masal ini dimaknai sebagai ketulusan dan keikhlasan berbakti kepada Ibu Pertiwi serta memperkokoh kekuatan bangsa dengan persatuan dan kesatuan dalam Satu Gerak dan Pesan mencapai Satu Tujuan, Satu Pilihan, yaitu Jokowi-Amin,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (25/11/2018).

Salah satu tari dan nyanyi yang dilakukan Pertiwi yaitu Tembang Pangkur Pertiwi. Lirik tembang dan koreografi tari ini digarap khusus oleh anggota dan inisiator Pertiwi, Miranti Serad, dan Yani Cidharta. Lirik tembang ini menampilkan bentuk pinjaman kepada pasangan Jokowi-Amin menyerupai di bawah ini:

Darmaning para wanito Tulus lilo hangabdi bumi pertiwi. Pranyata dadya pikukuh. Kekuataning bangsa. Gya Manunggal nyawiji ingkang satuhu kinarya lebda Ing karyo pilihanku Jokowi Amiin.

Koalisi yang dideklarasikan pada 17 November ini mempunyai anggota dari banyak sekali profesi dan latar belakang yang berbeda. “Namun sanggup membuat harmoni dalam tari dan nyanyi yang secara simbolis menyampaikan bahwa semua perbedaan dan latar belakang sanggup lebur dan menyatu serta secara serasi bergerak untuk mencapai satu tujuan, memenangkan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019,” papar Putri.

Putri menambahkan, kesuksesan aktivitas ini nantinya bukan saja menyampaikan keberhasilan konsolidasi yang telah dilakukan oleh Pertiwi, namun sekaligus menunjukan bahwa kesamaan teladan pikir, kesukaan, dan rasa optimis yang akan memudahkan untuk kampanye serta menggalang pinjaman dan kebersamaan. [okezone.com]

Artikel Terkait