Ratusan Wni Di Mesir Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf


Ratusan warga Indonesia yang tinggal di Mesir, menyatakan dukungannya terhadap duet Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 mendatang. Dukungan tersebut diungkapkan ketika deklarasi berdirinya Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Mesir di Kairo, pada Rabu (31/10) malam.

Turut hadir dalam program ini yakni  KH Asep Saifuddin Chalim, pimpinan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Lebih dari 200 warga Indonesia yang didominasi mahasiswa ini memadati ruangan. Mereka antara lain anggota Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin Mesir dan Barisan Ibu Bangsa Mesir.

Dalam program tersebut, Kiai Asep menjelaskan pentingnya menentukan Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya, tidak ada alasan untuk mencurigai kesepakatan kandidat dalam memajukan Indonesia. Sebagai pemimpin, lanjut dia, Jokowi telah  memberi pola berdisiplin, merakyat dan sederhana.

Terlebih, Jokowi sudah memberi bukti capaian pembangunan selama empat tahun memimpin nusantara. “Banyak orang yang mencoba mencari-cari kesalahan fatal Jokowi di dalam memimpin negara selama empat tahun terakhir ini, tetapi apa yang mereka dapatkan? Jasa-jasa Jokowi sangat besar bagi perjuangan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Indonesia,” ujar Kiai Asep dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, Jumat (2/11).

Dirinya menambahkan duet Jokowi-Ma’ruf mempunyai komposisi ideal. Ma’ruf Amin melengkapi Jokowi dengan huruf ulama yang mempunyai peran panjang dalam bidang sosial, ekonomi, politik, dan dakwah. Kiai Ma’ruf juga hadir mewakili sosok ulama yang sanggup menjadi panutan semua pihak.

“Akan sangat berisiko untuk mempercayakan kepemimpinan nasional Indonesia kepada orang yang tidak mempunyai pengalaman panjang. Lebih-lebih di ketika simbolisme agama dan monopoli kebenaran tunggal agama tengah marak terjadi dan berpotensi menyebabkan perpecahan,” terang Kiai Asep. [republika.co.id]

Artikel Terkait