Siap-Siap..!! Kemendikbud Nyatakan Distribusi Guru Akan Menurut Zonasi, Mekanismenya?

Info Pemerintah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan distribusi  guru akan menurut zonasi biar terjadi pemerataan guru di Tanah Air.

"Zonasi awalnya hanya berfungsi sebagai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tapi kini dipakai juga untuk distribusi guru biar merata," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano, di Jakarta, Senin (12/11).

Melalui sistem zonasi itu, sanggup diketahui berapa banyak guru yang diharapkan pada suatu zona dan di zona mana saja yang mengalami kelebihan guru. Sistem zonasi tersebut juga dipakai untuk peningkatan proses pembelajaran.

Saat ini jumlah zonasi sebanyak 2.578. Zonasi yang ada tersebut akan dipakai sebagai basis dalam pemerataan pendidikan dan guru di Tanah Air.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mengetahui berapa jumlah niscaya kebutuhan guru. Karena permasalahan utama yang terjadi yaitu tidak adanya angka niscaya berapa kebutuhan guru.


"Ke depan, sanggup diketahui berapa angka niscaya kebutuhan guru, berapa yang pensiun, berapa yang mutasi atau berapa yang meninggal," terang dia.

Dengan demikian, ia berharap permasalahan distribusi dan kualitas guru sanggup teratasi melalui sistem zonasi tersebut. 

"Mutu pendidikan sanggup bagus, jikalau proses pembelajaran berjalan dengan baik," kata beliau lagi.

Selain itu, para guru masing-masing mata pelajaran sanggup melaksanakan pertemuan untuk meningkatkan kapasitas dirinya.

Para guru itu akan dibimbing para guru inti. Guru inti akan dilatih pelatih nasional. Pelaksanaan kegiatan tersebut akan dimulai pada 2019 mendatang.

Sumber : jp-news.id

Demikian gosip dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Info Pemerintah,  Kami senantiasa menawarkan gosip dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Artikel Terkait