Singgung Sandiaga, Timses Sebut Joko Widodo Blusukan Ke Pasar Sebelum Jadi Presiden


Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang mengapresiasi Presiden Joko Widodo karena mulai blusukan ke pasar.

Ia menyampaikan Jokowi blusukan ke pasar bukan untuk mengimbangi blusukan Sandiaga.

"Pak Jokowi ke pasar-pasar bukan sebab mengikuti apa yang dilakukan Sandiago Uno ya. Jauh sebelum Sandiaga ke pasar-pasar, Pak Jokowi sering blusukan, baik sebelum menjadi Presiden maupun pada ketika menjadi Presiden," kata Ace melalui pesan singkat,

Ia menambahkan, Jokowi mengunjungi pasar untuk mengecek stabilitas harga kebutuhan dasar, bukan untuk kampanye.

Ace menilai justru kedatangan Sandiaga ke pasar malah menciptakan orang malas belanja di pasar tradisional. Sebab, setiap tiba ke pasar, Sandiaga selalu menyampaikan harga pangan naik. Padahal, kata Ace, ketika ini inflasi terkendali sehingga harga komoditas pangan pun terkendali.

"Justru sebab Pak Sandiga Uno ke pasar-pasar dengan narasi naiknya harga sembako dengan menyebut chicken rice di Jakarta lebih mahal dari Singapura, tempe setipis ATM dan selainnya, menciptakan masyarakat yang biasa belanja ke pasar tradisional menjadi resah," papar Ace.

"Dengan menyampaikan bahwa pasar tradisional harga naik, justru menciptakan masyarakat tidak lagi berbelanja di pasar tradisional. Ini kurun post-truth. Apa yang disampaikan dapat menjadi kenyataan," lanjut Ace.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengapresiasi calon presiden 01 yaitu Presiden RI Joko Widodo yang beberapa kali berkunjung ke pasar.

"Saya perlu beri apresiasi ke Pak Presiden yang sudah mulai turun ke pasar tradisional," ujar Sandiaga di daerah Lebak Bulus, Rabu (7/11/2018).

Sandiaga mengatakan, trend masyarakat untuk ke pasar tradisional sekarang meningkat. Hal itu berkat kunjungannya dan Jokowi ke pasar-pasar tradisional.

Sandiaga juga mengingatkan dulu Jokowi didukung oleh Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Dukungan APPSI diberikan ketika Jokowi mau maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI 2012.

Saat ini, Sandiaga ialah ketua APPSI tersebut. Sandiaga menyampaikan sebentar lagi ia akan melepas jabatan itu dalam musyawarah nasional sebab sibuk. Dia akan mengundang Jokowi untuk tiba ke musyawarah nasional itu.

Saya enggak dapat lagi memegang posisi ketum APPSI dan saya akan undang Pak Jokowi hadir di Munas APPSI yang Insya Allah bulan November ini," kata Sandiaga.

Presiden Joko Widodo memang sempat mengunjungi beberapa pasar akhir-akhir ini. Pekan lalu, ia sengaja blusukan ke Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, pada pagi hari. [kompas.com]

Artikel Terkait