Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 148 Km Diresmikan Tamat Desember


Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan progres tol Trans Sumatera. Rencananya selesai Desember 2018 Jokowi akan meresmikan ruas tol dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar.

"Akhir Desember ini akan kita resmikan 148 kilometer dari Bakauheni menuju Terbanggi Besar," ujar Jokowi dalam program penutupan Rapimnas Kadin, di Hotel Alila Solo, Rabu (28/11/2018).

Selain itu, berdasarkan Jokowi, ruas tol Trans Sumatera dari Bakauheni-Lampung menuju ke Palembang akan rampung Maret atau awal April. Sebelumnya ruas tol tersebut diperkirakan rampung pada Mei atau Juni.

"Yang dari Bakauheni, Lampung, menuju ke Palembang, asumsi yang di lapangan kemarin akan selesai di bulan Mei atau Juni, tapi aku tawar jangan Mei atau Juni lah. Selesaikan di selesai Maret atau awal April," terang Jokowi.

Jokowi menegaskan sasaran penyelesaian dimajukan ke Maret atau awal April bukan terkait Pilpres, melainkan semoga dapat digunakan pulang kampung Idulfitri tahun depan.

Selain itu Jokowi juga menjelaskan perkembangan tol Trans Jawa. Menurut Jokowi Jakarta-Surabaya akan termasuk tol selesai tahun ini sehabis 4 ruas tol rampung tahun ini juga. Keempat ruas tol itu ialah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

"Itu aku pastikan tadi selesai tahun ini di Desember tahun ini selesai. Artinya apa? Jakarta-Surabaya atau Surabaya-Jakarta sambung," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selanjutnya, kata Jokowi, pengerjaan diteruskan lagi ke timur di Probolinggo. Targetnya hingga Probolinggo kurang lebih di Februari.

Sedangkan untuk sasaran Merak-Banyuwangi tersambung tol selesai 2019 nanti.

"Sampai ke Probolinggo nanti kurang lebih maksimal Februari akan selesai. Tapi untuk Merak dan Banyuwangi kita masih menunggu di selesai 2019," ujar Jokowi. [detik.com]

Artikel Terkait