Tol Sragen-Ngawi Beroperasi Rabu Pekan Ini


Salah satu bab jalan di Tol Trans Jawa ialah Sragen-Ngawi akan dioperasikan Rabu ini. Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan, Sragen-Ngawi merupakan salah satu bab dari proyek pengerjaan Solo-Ngawi dari proyek Tol Trans Jawa yang ditargetkan rampung pada Desember 2018.

"Iya insyaAllah informasinya hari Rabu kan," kata beliau sehabis menandatangani nota kesepahaman soal pembangunan SPBU di Jalur Trans Jawa bersama PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) di Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan No.13 Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Jalur Sragen-Ngawi mempunyai panjang 51 kilometer. Desi mengatakan, kajian mengenai tarif tol juga sudah selesai, Kementerian Perhubungan sudah oke kalau tarif yang akan dikenakan untuk jalur Sragen-Ngawi ialah Rp 1.000/kilometer.

"Itu Rp 1.000/kilometer. Sudah (surat persetujuan menteri)," terang dia.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi siap beroperasi pada bulan ini. Hal ini sehabis jalan tol yang dibangun oleh PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), anak perjuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi.

Rencananya, jalan tol ini dilengkapi dengan delapan Gerbang Tol (GT) untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, diantaranya GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Jalan Tol Solo-Ngawi terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I Segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi semenjak 30 Maret 2018. Lalu, Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi yang telah menerima akta laik operasi.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Solo-Ngawi mempunyai panjang 90,43 km yang terbagi dalam dua bab pekerjaan, ialah bab yang dikerjakan oleh pemerintah mulai STA 0+000- STA 21+081,5 sepanjang 21,08 km, sedangkan mulai dari STA 21+081,5- STA 90+43 sepanjang 69,35 km dikerjakan oleh PT JSN.

Jalan Tol Solo-Ngawi sendiri merupakan bab dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Dukungan infrastruktur jalan tol tersebut menjadi salah satu upaya dalam memecah duduk kasus transportasi darat dan konektivitas gres yang sanggup berdampak kasatmata bagi ekonomi tempat secara umum, khususnya lingkungan sekitar Jalan Tol Solo-Ngawi. [detik.com]

Artikel Terkait