Tutup Pameran Qasidah, Joko Widodo Nyanyi Lagu Sabyan Gambus


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup ekspo bintang vokalis qasidah tingkat nasional tahun 2018 yang digelar Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LAQSI). Tidak ketinggalan, Jokowi menyanyikan lagu Deen Assalam karya Sabyan Gambus.

"Saya lihat kemarin di YouTube, yang melihat hampir 174 juta. Sudah hampir sebanyak jumlah penduduk Indonesia dan lagunya yang populer Deen Assalam, bener? (Sambil menyanyi) Abtahiyyat wabsalam, ansyuru ahlal kalam zainuddin yahtirom. Sudah, saya hanya hapal reff-nya. Seterusnya bapak ibu suaranya lebih bagus," ujar Jokowi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018).

Menurutnya, Islam mempunyai perhatian tinggi akan seni, termasuk qasidah. Jokowi pun mengutip makna dari lagu Deen Assalam.

"Coba jika kita artikan tadi, abtahiyyat wabsalam, melalui sikap mulia dan damai. Kemudian ansyuru ahlal kalam jainuddin yahtirom, sebarkanlah ucapan yang manis," ujarnya.

Jokowi juga menjelaskan, ketika ini qasidah sudah mengalami perkembangan zaman. Ia mengingat kala mendengar lagu Merdeka Membangun karya Nasida Ria ketika ia remaja. Kini grup qasidah yang terkini ialah Sabyan Gambus.

"Seperti saya bercerita Nasida Ria di tahun 70, 80-an. Sekarang yang terbaru ada grup Sabyan yang dimotori bawah umur muda dan Nissa Sabyan yang gres berusia 19 atau 20 tahun. Sabyan muncul sebagai grup qasidah yang milenial dan fenomenal," kata Jokowi.

Acara ini juga dihibur oleh juara umum ekspo qasidah yang dimenangkan Provinsi Sumatera Utara. Jokowi sempat mengajak selfie pemenang dan memperlihatkan sepeda.

Turut mendampingi Jokowi dalam penutupan ekspo qasidah yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketum PPP Romahurmuziy. [detik.com]

Artikel Terkait