Asing 100% Masuk Ke Umkm Ri? Luhut: Nggak Ada Sama Sekali


Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memperlihatkan klarifikasi soal kebijakan terbaru pemerintah yang membuka kesempatan abnormal untuk masuk ke 25 bidang perjuangan sampai 100%.

Ia menampik kebijakan ini bakal mengancam keberadaan pelaku perjuangan mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Nggak ada sama sekali (asing masuk UMKM). Justru mem-protek UMKM kita. Saya nggak mau juga dong, apalagi presiden, UMKM dimasuki asing," tutur beliau ditemui di istana negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Ia menambahkan, justru sektor-sektor yang dibuka untuk investasi abnormal ialah sektor-sektor yang selama ini tak digarap oleh UMKM. Menurut Kementerian Perindustrian kriteria UMKM ialah industri yang mempunyai nilai aset maksimal Rp 50 juta dan omzet maksimal Rp 300 juta. Sektor ini menerima pinjaman dari pemerintah.

Sementara, sektor yang sanggup dimasuki abnormal ialah industri yang butuh modal di atas Rp 100 miliar. Luhut mencontohkan, salah satu sektor industri contohnya ialah bordir sekala besar.

"Dipikir bordir yang biasa, ternyata nggak begitu. Sampai kini nggak ada satupun (UMKM) yang masuk. Ya itu dikeluarin saja (dari DNI), suruh abnormal boleh masuk," bebernya. [detik.com]

Artikel Terkait