Daftar Pelabuhan Yang Siap Diresmikan Presiden Jokowi


Kementerian Perhubungan bersiap meresmikan dua pelabuhan dalam waktu dekat. Kedua pelabuhan tersebut yaitu Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung di Medan dan juga Pelabuhan Makassar New Port.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo mengatakan, untuk pelabuhan Kuala Tanjung dikala ini progres konstruksinya sudah rampung 100%. Dan dikala ini statusnya tinggal menunggu untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Intinya kini (Pelabuhan Kuala Tanjung) siap diresmikan," ungkapnya dikala ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Sedangkan khusus Makassar New Port dikala ini belum dapat diresmikan. Sebab, pelabuhan tersebut masih menunggu dalam penyediaan crane-nya.

Khusus untuk Makassar New Port ditargetkan dapat beroperasi pada Januari 2019. Dan untuk crane-nya diperlukan dapat tiba dalam waktu dekat.

"Kalau Makassar New Port hampir final tinggal nunggu crane. Targetnya Januari juga sudah selesai," ucapnya.

Agus menambahkan, kedua pelabuhan tersebut secara teknis sudah siap untuk dioperasikan. Sebab kedua pelabuhan tersebut telah lulus uji coba yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Khusus untuk Makassar New Port, uji coba dilakukan dengan meminjam crane miliki pelabuhan yang lama. Sebab, Saat ini crane di pelabuhan gres Makassar tersebut masih belum tersedia.

"Udah (uji coba) Kuala Tanjung juga udah, tinggal melengkapi crane-nya. Karena waktu uji coba pake crane di terminal usang dipindah sementara," jelasnya. [okezone.com]

Artikel Terkait