Giliran Tiga Ruas Tol Trans Jawa Di Jateng Diresmikan Jokowi


Usai meresmikan empat ruas tol bab Trans Jawa di Jawa Timur (Jatim), kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah. Dengan demikian ruas Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya resmi tersambung.

Peresmian tiga ruas tol itu dilakukan di lokasi Jembatan Kalikuto, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). Ketiga ruas itu yaitu ruas Pemalang-Batang 34 km, Batang-Semarang 73 km, dan Salatiga-Kertasura 33 km.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kertasura, saya nyatakan resmi dibuka," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, kini masyarakat dapat melewati jalur darat dari Merak sampai ke Pasuruan, Jatim. Atau dari Jakarta sampai Surabaya.

"Silahkan yang ingin mencoba dari Merak ke Pasuruan atau Jakarta ke Surabaya, mumpung masih gratis. Yang gres (ruas baru) tolong digaris bawahi. Bisa di coba, dulunya berapa jam, kini berapa jam," kata Jokowi.

Jokowi berharap, daerah-daerah yang dilalui tol Trans Jawa dapat mempersiapkan daerah wisatanya lebih bagus. Dia ingin tol itu terintegrasi dengan daerah industri, daerah ekonomi khusus dan daerah wisata.

"Karena kita ingin dengan dibangunnya jalan ini mobilitas barang, logistik, orang menjadi dapat lebih cepat lagi. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah," katanya. [detik.com]

Artikel Terkait