Jokowi Dongeng Bisnis Anak: Bila Enggak Jadi Pns, Dapat Wiraswasta


Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi menggelar obrolan dengan anak muda Aceh. Dialog itu dilakukan sesudah Jokowi dan Iriana melihat-lihat produk gres khas Aceh yang dipamerkan di Ring Road Coffee, Banda Aceh, Aceh, Jumat (14/12).

Dalam obrolan yang hanya sesaat itu, pembawa program sempat menanyakan kepada Jokowi soal anak muda yang lebih menentukan jadi PNS (pegawai negeri sipil) dibanding pengusaha. Jokowi kemudian bercerita soal putri satu-satunya yang pernah tes CPNS kemudian tidak diterima.

"Urusan CPNS, anak saya pernah daftar 3 tahun yang kemudian terus enggak ke terima, terus ya kapok. Terus kini mulai masuk ke bisnis kopi, jikalau yang kecil (Kaesang) bisnisnya pisang goreng, jikalau yang gede (Gibran) bisnisnya martabak," kata Jokowi.

"Dan saya perlu memberikan jikalau peluang PNS enggak sanggup mampu saja ke swasta. Kalau enggak sanggup mampu dicoba menjadi wiraswasta. Tapi saya lihat, belum dewasa ibarat kalian setiap ada peluang cepat sekali," lanjut dia.

Kahiyang ketika ini memang sedang menjalankan bisnis kopi bersama suaminya, Bobby Nasution. Bisnis kopi Kahiyang dan Bobby berjulukan Kopi Jolo. Jokowi juga kembali bercerita soal anaknya Kaesang yang selama kuliah sanggup punya perjuangan pisang nugget.

"Anak saya itu yang kecil itu masih kuliah, kemudian sanggup kesempatan punya partner buat pisang goreng, pisang nugget," ucap Jokowi.

Setelah bikin satu perjuangan untung, Kaesang pribadi mendirikan cabang di Jakarta. Semua itu tanpa pinjaman dana dari Jokowi sepeser pun.

"Bikin satu untung, pribadi dalam waktu cepat, saya ngomong apa adanya tanpa saya bantu serupiah pun, pribadi cepet crek, crek membangun mendirikan di Jakarta kemudian Pekanbaru, Medan, Surabaya, Semarang, muter saja," bebernya.

Jokowi menambahkan, outlet Sang Pisang dalam setahun sudah berjumlah 15, dan kini sudah banyak outlet di beberapa daerah. Akibat kesibukan itu, Kaesang jarang pulang ke rumah.

"Tahu-tahu kini sudah 54 outlet. Ya, bedanya pikiran yang sudah renta dan yang muda. Pintarnya itu. Tapi enggak pernah pulang, biasanya Sabtu, Minggu pulang, kini buka di mana, buka di mana," ungkap Jokowi.

Tetapi Jokowi besar hati Kaesang merupakan anak yang berdikari dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan kariernya sebagai pengusaha pisang nugget.

"Tapi itulah berdasarkan saya kemandirian, tanggung jawab pribadi sudah ditanggung semenjak muda," tuturnya. [kumparan.com]

Artikel Terkait