Ke Jombang, Joko Widodo Bertemu Gus Sholah Dan Ziarah Ke Makam Gus Dur


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), dalam kunjungan kerjanya. Jokowi juga berziarah ke makam presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Ziarah dilakukan Jokowi sesudah menggelar pertemuan dengan Gus Sholah di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018). Jokowi bersama rombongan mendoakan arwah Gus Dur dan nama-nama lain yang dimakamkan di lokasi.

Jokowi juga menabur bunga ke makam Gus Dur. Di lokasi itu, juga dimakamkan dua jagoan nasional, ialah KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim.

Jokowi didampingi putri Gus Dur, Yenny Wahid, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Seskab Pramono Anung, sampai Stafsus Presiden Johan Budi SP. Ziarah digelar selama sekitar 10 menit.


Jokowi pribadi bertolak menuju lokasi pelantikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari. Lokasinya berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Ponpes Tebuireng.

Jokowi mengingatkan usaha para ulama dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI. Mereka disebut telah berjihad di jalan Allah.

"Saat membayangkan besarnya usaha beliau, besarnya rasa cinta dia beserta ulama kepada Tanah Air kita, Indonesia, sehingga KH Hasyim Asy'ari dengan keteguhan hati mendeklarasikan perang mempertahankan kemerdekaan RI sebagai jihad fisabilillah," kata Jokowi.

Agenda kerja Jokowi akan dilanjutkan dengan mengunjungi Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang. Di daerah ini, rencananya Jokowi akan meluncurkan kegiatan Bank Wakaf Mikro.

Pada petangnya, Jokowi akan menuju Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, untuk bersilaturahmi dengan para santri. [detik.com]

Artikel Terkait