Logistik Nasional


Suatu waktu saya bersama teman berkunjung ke Hobei di provinsi Wuhan, china dan ketika itulah teman yang juga professor disalah satu universitas di Eropa sempat berkata kepada saya bahwa kemajuan China dibidang Ekonomi bukanlah sesuatu yang hebat. Saya bingung. Karena seharusnya teman ini terpesona dengan infrastruktur dan kapasitas industry yang dilihatnya selama kunjungan ke Hobei. Menurutnya apa yang dicapai oleh China sekarang bisa juga dicapai oleh Negara manapun. Makara bukan sesuatu yang sulit dipelajari. Apa itu? China bisa memastikan kelancaran distribusi barang dan jasa secara efisien. Kelancaran ini didukung oleh infrastruktur logistic yang luas dan merata diseluruh china. Sehingga setiap wilayah bisa menyebarkan potensinya dan mendapat manfaat dari itu lewat kemampuannya mensuplay kebutuhan pasar dalam negeri maupun international. Anda bisa bayangkan pedagang bunga di Pasar Pagi dan Sawah Besar Jakarta merasa lebih nyaman dan menguntungkan membeli (import) bunga dari Yunnan ( China) daripada beli bunga dari Lembang ( Bandung). Pedagang buah buahan Jakarta merasa lebih nyaman dan menguntungkan membeli (import) Jeruk dari exporter Shanghai dibandingkan membeli Jeruk dari pedagang besar di Kalimantan. Itulah kehebatan tunjangan system logistic yang dimiliki oleh china.

Sang professor berkata kepada saya bahwa negara-negara yang berhasil dalam pencapaian tujuan pembangunan ialah negara-negara yang mempunyai sistem logistic yang efisien. Untuk itu harus didukung akan sarana transforitasi dan sistem manajemen layanan yang cepat. China mempunyai jalan tol terpanjang di dunia,  memiliki panjang jalur kereta sekitar 100.000 kilometer yang menghubungkan seluruh provinsi yang ada di China, dan akan ditingkatkan menjadi 170.000 pada 2030. Negeri Panda itu sekarang juga telah mempunyai jalur kereta cepat ( express trains) sepanjang 8.358 kilometer yang merupakan terpanjang di dunia, serta akan dibangun pula jalur yang menghubungkan sampai Tibet, Rusia serta beberapa negara ASEAN. Dan China bisa mengelola system transportasi nasional yang mencakup darat, bahari dan udara dengan efisien dan efektif untuk mendukung kemudian lintas logistic. Yang menyedihkan bagi Indonesia ialah kinerja Logistik  masih di bawah negara tetangga di Asia. Bank Dunia (2012)  mempublikasikan Logistic Performance Index  yang menempatkan kinerja sektor logistik Indonesia pada urutan 59 dari 155 negara. Posisi yang jauh di bawah dibandingkan dengan negara tetangga, ibarat Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, maupun Filipina yang mempunyai kondisi geografis relatif sama dengan wialayah nusantara.

Dari segi layanan logistik yang ada di Indonesia ketika ini masih terlalu panjang dan tidak efisien atau tepatnya amburadul, yang berdampak harga barang menjadi mahal. Contoh biaya logistik untuk produk pertanian masih di atas 40 persen. Akibatnya jangan kaget jikalau harga panen yang awalnya sangat rendah menjadi begitu tinggi di pasaran lantaran biaya transportasi dan logistik cukup besar. Bahkan, tak jarang harga sayuran dalam negeri justru lebih mahal ketimbang produk hortikultura impor, ibarat wortel , bawang dari China atau Thailand, Malaysia. Padahal materi masakan pokok, termasuk hortikultura, menyumbang sekitar 35 persen sumber inflasi. Tanyalah harga materi bangunan kepada orang Papua, sangat mahal. Sektor logistik secara makro menentukan daya saing suatu negara. Bila daya saing diartikan sebagai perbandingan produktivitas dan biaya, maka daya saing sanggup diukur melalui persentasi ongkos logistik terhadap pendapatan nasional bruto suatu negara. Semakin rendah ongkos logistik maka semakin baik daya saing negara tersebut. Ongkos logistik Indonesia diperkirakan sekitar 20-25% dari PDB. Jika dihitung dengan PDB tahun 2010 sebesar Rp 2.310,7 triliun atas dasar harga konstan, maka ongkos logistik Indonesia sekitar Rp 500 triliun, itu sama dengan setengah dari APBN habis untuk ongkos logistic yang tidak efisien. Hal ini salah satu penyebab mengapa tingginya angka pertumbuhan ekonomi tidak berdampak luas terhadap ekspansi produksi dan kesempatan kerja. 

Semua tahu bahwa permasalahan fundamental dari sistem logistik  Indonesia ialah masih kurang memadainya sarana dan prasarana dibandingkan dengan usul pelayanan jasa transportasi.  Kondisi infrastruktur pelabuhan, bandara, jalan darat, dan jalur kereta api dinilai masih kurang memadai untuk mendukung kelancaran kemudian lintas logistik.Sistem transportasi intermodal ataupun multimoda belum sanggup berjalan dengan baik. Karena jalan masuk transportasi dari sentra-sentra produksi ke pelabuhan dan bandara belum sanggup berjalan lancar. Ini disebabkan belum optimalnya infrastruktur pelabuhan dan bandara tersebut, sehingga menimbulkan kualitas pelayanan menjadi rendah dan tarif jasa menjadi mahal, belum lagi prilaku abdnegara yang korup. Mengapa pemerintah tidak melaksanakan secara all out untuk mencari jalan keluar terpenuhinya system losgistik yang efisien? Jawabannya hanya satu bahwa  sistem yang amburadul memang menciptakan nyaman para birokrat yang bermental korup. Padahal system transfortasi  dan logistik merupakan komponen penting bagi pencapaian tujuan pembangunan nasional masa sekarang dan mendatang. Semoga tahun 2014 nanti kita bisa menentukan pemimpin yang benar, yang bisa membenahi system logistik nasional. Semoga.

Sumber https://culas.blogspot.com/

Artikel Terkait