Menhub: Tidak Ada Informasi Macet Ketika Libur Panjang Ini


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku puas alasannya yaitu selama arus pulang kampung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, tidak ada info kemacetan dan waktu perjalanan lebih singkat.

"Yang sangat menggembirakan bagi saya tidak ada info macet sepanjang libur panjang ini," kata Menhub Budi kepada pers ketika meninjau Rest Area KM 207 A Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Sabtu (29/12/2018).

Dengan tidak adanya info macet, lanjut Budi artinya tersambungnya jalan tol Trans Jawa sangat kuat dan memiliki andil besar. Selain itu tol juga merupakan salah satu solusi kemacetan, yang dahulu info macet menjadi langganan sebelum tersambungnya tol Trans Jawa.

"Artinya memang jalan tol Jakarta-Surabaya ini memperlihatkan solusi (untuk mengatasi kemacetan)," tuturnya.

Budi menambahkan terkoneksinya jalan tol juga menciptakan waktu perjalanan lebih singkat lagi, dibandingkan ketika masih melalui jalan arteri. Dia mencontohkan yang dahulunya perjalanan dari Jakarta hingga Semarang ditempuh kurang lebih delapan jam, ketika ini dapat menjadi lima jam.

"Jakarta Solo yang tadinya 10 jam kini menjadi 6-7 jam, begitu juga ke Surabaya lebih cepat," katanya.

Menhub juga mengapresiasi kinerja dari Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah berhasil menyambungkan jalan tol Jakarta Surabaya atau Trans Jawa.

"Saya mengapresiasi tim kerja dari kementerian PUPR dan BUMN, sehingga jalan tol Jakarta-Surabaya itu selesai," kata Budi. [inews.id]

Artikel Terkait