Pendukung Joko Widodo Di Washington Dc Berkumpul Jelang 2019, Ada Apa?


Pendukung calon presiden Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, dan sekitarnya berkumpul di Maryland, menjelang final tahun, pada Minggu (30/12/2018). Mereka kembali memperlihatkan derma kepada pasangan Jokowi–Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Acara “Sejuta Bakso” yang digelar komunitas DC for Jokowi itu dihadiri lebih dari 500 orang. Kegiatan juga dimeriahkan dengan tarian khas Ponorogo Jawa Timur, hiburan grup band lokal, dan bermacam-macam jenis makanan yang disediakan secara swadaya oleh masyarakat.

Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan banyak sekali lagu kebangsaan dan patriotik yang dinyanyikan dengan penuh semangat. Pada kesempatan tersebut, masyarakat mendengar siraman rohani dari beberapa tokoh masyarakat. Victor Hamel, seorang pendeta, mengangkat buku karya Ben Andersen, Imagined Communities, yang membayangkan masyarakat Indonesia intinya ialah satu bangsa walaupun mempunyai banyak sekali latar belakang yang berbeda.

“Untuk itu, masyarakat harus selalu bersatu dan mendukung Jokowi dari segala upaya yang merusak persatuan kita sebagai bangsa,” kata Victor.

Sementara Arkhadi Pustaka, seorang santri muda, mahasiswa doktoral aktivitas teknologi pendidikan di Towson University, Baltimore, Maryland, menilai Jokowi sebagai sosok yang hening dan memperlihatkan kenyamanan bagi umat dalam menyikapi perbedaan politik. Dia pun mengklaim proses kampanye Jokowi didukung dengan cara yang baik, bukan dengan menjelekkan pihak lain.

“Semangat faktual dan optimisme pendukung Jokowi–Ma’ruf tampak sekali di aktivitas ini. Kami berharap semangat ini akan terus mereka bawa ke mana pun mereka berada, demi mewujudkan Indonesia yang semakin baik di bawah kepemimpinan Jokowi–Ma’ruf, untuk periode 2019-2024,”ucap Arkhadi. [inews.id]

Artikel Terkait