Siap-Siap! 2019 Kalimalang Disulap Jadi Seolah-Olah Sungai Di Seoul

Foto: Ilustrasi Kalimalang setelah direvitalisasi (Instagram Ridwan Kamil)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pernah memberikan rencana untuk mempercantik Kalimalang menjadi menyerupai Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyampaikan rencana tersebut telah disampaikan kepada dirinya.

Dia menyampaikan proyek revitalisasi Kalimalang akan dimulai pada tahun depan.

"Beliau [Ridwan Kamil] memiliki ide. Kita bikin rekayasa teknik, jadi dapat untuk estetika yang lebih baik. 2019 akan saya kerjakan, dia akan mendesain ini," terang Basuki, Minggu (2/12/2018).

Hal ini disampaikan Basuki saat ditemui usai membuka Hari Bakti PU ke-73, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Terkait dengan anggaran, Basuki menyampaikan Kementerian PUPR juga akan terlibat dalam hal itu.

Foto: Progres Desain Kalimalang (instagram @ridwankamil)

"Kalimalang inikan juga susukan Kementerian PUPR untuk air baku dari Jakarta, dari Jatiluhur. Beliau [Ridwan Kamil] bahu-membahu sudah mengalokasikan [anggaran], cuma saya pikir alasannya ini aset nasional, mending uangnya untuk kebutuhan yang lain, kami [PUPR] kerjakan yang aset nasional," ujar Basuki.

Adapun Pemprov Jawa Barat, lanjutnya, telah mengalokasikan dana sekitar Rp 40-50 miliar.

Sebelumnya, Ridwan Kamil pernah memamerkan desain gres Kalimalang ini melalui akun instagramnya.

"PROGRES DESAIN KALI MALANG, Kota Bekasi per 26 September 2018. Warga Bekasi mau ada acara keren apa disana yang harus ada? Wedding Garden? LDR Corner?" ______ SETIAP KOTA/KAB akan mendapat giliran penataan daerah dan tata ruang dari hibah Provinsi. Tunggu aja tanggal mainnya. Nuhun," Tulis Kang Emil di akun instagram. [cnbcindonesia.com]

Artikel Terkait