3 Hari Pembersihan, Sampah Di Kali Pisang Kerikil Capai 100 Truk

3 Hari Pembersihan, Sampah di Kali Pisang Batu Capai 100 TrukProses pengerukan sampah di Kali Pisang Batu, Bekasi. Foto: Isal Mawardi/detikcom

Bekasi -Sampah yang menumpuk di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, kesudahannya dibersihkan. Sampah yang terkumpul mencapai 100 truk.

"Dari Sabtu (5/1) hingga kini (sampah yang terkumpul) 100 truk ada," ujar Kepala Desa Pahlawan Setia, Zaenal Abidin, di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (7/1/2019).



Zaenal menyampaikan pencucian Kali Pisang Batu tidak dapat cepat selesai dalam waktu dekat. Menurutnya, membutuhkan waktu lebih dari satu bulan.

Sampah dikeruk memakai alat berat. Sampah kemudian ditampung di truk yang terparkir di tepi kali sebelum kesudahannya dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Burangkeng, Setu.

"Diangkat pakai alat berat, dimasukin ke armada kemudian dibuang di Setu (TPA Burangkeng)," ujar Zaenal.

Sementara Kepala Desa Setia Mulia, Ahmadi, menyampaikan peralatan yang dikerahkan sebanyak 16 unit truk dan 2 unit alat berat. 150 personil campuran dikerahkan untuk membersihkan sampah di Kali Pisang Batu.

Sampah di Kali Pisang, Bekasi. Sampah di Kali Pisang Batu, Bekasi. Foto: Isal Mawardi/detikcom


Ahmadi menyampaikan sampah menumpuk sepanjang 2,5 kilometer Kali Pisang Batu dengan ketebalan sampah sekitar 40 cm.

"Pas dinormalisasi (sampah mulai terlihat di Kali Pisang Batu) Bulan Desember kemarin. Makara sehabis normalisasi tumpukan lumpur diangkat, gres sampah masuk," ujar Ahmadi.

Pantauan detikcom, sampah yang menumpuk di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, dibersihkan. Terlihat alat berat mengangkut sampah ke dalam kali.



Sampah diletakkan di truk sampah yang terparkir persis di depan alat berat. Tampak rembesan air dari truk membasahi jalan. Truk yang sudah penuh terisi sampah, berjalan meninggalkan lokasi dan diganti dengan truk baru.

Bau menyengat tercium di sekitar lokasi. Tampak air kali bewarna hitam pekat. Warga tampak menyaksikan pencucian Kali Pisang Batu. Meski sudah dibersihkan, kali masih tampak dipenuhi sampah.

HIngga kini pengerukan masih dilakukan. Sampah masih tampak banyak memenuhi tubuh sungai.

Sumber detik.com

Artikel Terkait