Fenomena Gunungan Busa Di Sungai Hebohkan Warga Jombang

Fenomena Gunungan Busa di Sungai Hebohkan Warga JombangFoto: Enggran Eko Budianto

Jombang -Sungai di Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Jombang mendadak dipenuhi busa putih setinggi 5 meter dengan panjang lebih dari 100 meter. Sontak fenomena busa yang menggunung ini menciptakan heboh warga sekitar.

Busa berwarna putih ibarat salju itu menutup permukaan sungai di pintu air Dusun Dukuhan, Desa Jatipelem. Permukaan sungai selebar 5 meter seluruhnya berwarna putih.

Ketinggian busa mencapai sekitar 5 meter dari permukaan air. Permukaan sungai yang tertutup busa mencapai lebih dari 100 meter. Tercium anyir sabun dari busa tersebut.


Warga setempat Sukoyo (46) mengatakan, busa tersebut menutupi permukaan sungai semenjak sekitar pukul 17.00 WIB. "Setelah turun hujan tadi tiba-tiba air sungai ini berbusa. Baunya anyir ibarat sabun," kata ia kepada wartawan di lokasi, Senin (7/1/2019) malam.

Fenomena gunungan busa ini menciptakan heboh warga sekitar. Warga terus memadati tepi sungai untuk menyaksikan pribadi fenomena langka ini. Ada yang sekadar untuk berswafoto, ada pula yang berusaha menghilangkan busa dari permukaan sungai.

Mereka mendatangkan sebuah pompa air ke lokasi. Dengan mesin pompa tersebut, warga menyemprotkan air ke arah busa dengan impian busa tersebut hanyut terbawa air. Banyak warga yang berdatangan menjadikan kemacetan di jalur Diwek-Perak.


Sejumlah anggota Polsek Diwek telah tiba ke lokasi untuk meminta keterangan warga dan mengambil sampel air busa. Sampel tersebut akan diuji di Laboratorium Forensik Surabaya.

"Sampel air busa sudah kami bawa ke Polsek, akan dikirim ke Labfor untuk mengetahui kandungannya," terperinci Kanit Sabhara Polsek Diwek, Ipda Slamet Hariyono di lokasi.

Slamet menambahkan, busa yang menutup permukaan sungai Jatipelem ini diperkirakan berasal dari pabrik karung plastik. Diduga air bercampur sabun bekas cucian karung terbawa air hujan ke sungai.

"Kemungkinan dari pabrik karung plastik, limbahnya dibuang ke sungai ini," tandasnya.

Sumber detik.com

Artikel Terkait