Getaran Gempa 4,8 M Di Tasikmalaya Terasa Sampai Garut Dan Ciamis

Getaran Gempa 4,8 M di Tasikmalaya Terasa sampai Garut dan CiamisIlustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)

Garut -

Gempa bermagnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Getaran gempa besar lengan berkuasa terasa sampai ke sejumlah daerah, di antaranya Kabupaten Garut dan Kabupaten Ciamis. Warga sempat panik.

BMKG menyebut gempa terjadi pada Senin (7/1/2019), pukul 22.04 WIB. Pusat gempa berada 62 km arah barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya, berkedalaman 21 km.

Hingga pukul 22.35 WIB, belum ada laporan pengaruh dari gempa tersebut. "Belum ada laporan kerusakan. Kita lagi gali info," kata Kepala Pos SAR Tasikmalaya Erwin Syafrudin lewat pesan singkat.

Sementara itu, berdasarkan Kapolsek Cikalong, Tasikmalaya, Iptu Harwadi, di wilayah tugasnya, yang bersahabat dengan sentra gempa, situasi terkini kondusif.

"Aman. Getarannya (gempa) terasa kecil walau bersahabat ke titik gempa," kata Harwadi.

Gempa di Tasikmalaya ini terasa besar lengan berkuasa guncangannya sampai ke daerah perkotaan Garut. "Getarannya terasa kencang. Tadi kirain saya, teman yang goyang kursi, ternyata gempa," ujar Feri (19), salah seorang warga Garut, kepada detikcom.

Sebagian warga di Kabupaten Ciamis mencicipi getaran gempa yang berpusat di daerah tetangga itu. Di beberapa lokasi, warga Ciamis berhamburan keluar dari rumah dikala bumi bergoyang sekitar 2-3 detik.

"Pas kerasa ada getaran gempa, seluruh orang yang ada di rumah eksklusif lari keluar dari rumah, ke jalan. Kebetulan gres mau siap-siap tidur, keburu ada gempa," ujar Ratna Suminar, warga Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis.

Menurutnya, hampir semua warga di lingkungannya keluar dari rumah dikala gempa terjadi. "Padahal di sini sedang hujan. Terpaksa kehujanan, kini semua warga sudah masuk ke rumah masing-masing," kata Ratna.





Sumber detik.com

Artikel Terkait