Gubernur Ganjar Panggil 7 Asn Yang Catut Namanya Untuk Pungli

Gubernur Ganjar Panggil 7 ASN yang Catut Namanya untuk PungliGanjar Pranowo (Foto: Agung Pambudhy)
Semarang -Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku geram mendengar laporan ada pungutan liar yang mencatut namanya. Tujuh pegawapemerintah sipil negara (ASN) itu telah dipanggil, sebagian telah mengakui.

Ganjar mengungkapkannya di ASN Pemprov Jateng ketika apel pagi. Politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan mendengar kabar pungli dilakukan oleh pegawainya, namun ia tidak menyebut detail pungli terkait hal apa.

"Saya sanggup laporan, ada jajaran saya yang pungli dan terima gratifikasi," kata Ganjar, Senin (7/1/2019).


Yang lebih menciptakan geram Ganjar yaitu namanya disebut mendapatkan hasil pungli tersebut. Langkah pun diambil dengan memanggil nama-nama yang diduga melaksanakan pungli.

"Yang bikin saya gondok adalah, katanya uang itu untuk saya. Masyaalah, ini jahat benar, ini fitnah yang luar biasa," ujarnya.

Ada 7 orang yang dipanggil bergantian ke rumah dinas Gubernur Jateng untuk dilakukan klarifikasi. Menurut Ganjar beberapa di antaranya sempat berusaha mengelak.

"Saya datangkan orangnya, ada yang ngaku, ada yang akal-akalan tidak tahu, ada yang tidak mengaku sama sekali. Saya ingatkan, semua informasi sudah hingga di tangan saya, jadi jangan hingga macam-macam," tegasnya.


Pegawai yang mengaku ada praktik pungli menyampaikan pungutan itu terkait titipan seseorang. Mendengar itu, lanjut Ganjar, ia meminta uang tersebut dikembalikan segera.

"Ngaku nerima tapi lantaran macam-macam, katanya cuma titipan. Saya tegaskan dilarang dan tidak bisa, kembalikan!" ungkapnya.

"Itu yang saya peringatkan keras, tapi saya tidak sanggup peringatkan satu persatu makanya saya kumpulkan ini hingga eselon 3," ujarnya.

Sumber detik.com

Artikel Terkait