Habiburokhman: Sebaiknya Paslon Paparkan Visi-Misi, Jangan Stuntman

Habiburokhman: Sebaiknya Paslon Paparkan Visi-Misi, Jangan StuntmanHabiburokhman (Foto: Dok. Pribadi)

Jakarta -KPU menggagas acara penyampaian visi dan misi pasangan calon dalam Pilpres 2019 beberapa hari sebelum dilakukannya debat perdana. Jubir divisi hukum tim Prabowo-Sandiaga menyatakan idealnya pasangan calon memaparkan langsung visi dan misi itu.

"Kami mendukung kedua paslon untuk menyampaikan visi dan misi secara langsung tanpa diwakili timses atau stuntman pada tanggal ix Januari mendatang di KPU. Yang paling paham soal visi dan misi adalah paslon, dan paslon juga yang akan melaksankannya," ujar Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Kamis (1/1/2019).

Habiburokhman mengatakan, sebelum debat pertama tanggal 17 Januari, rakyat sebagai calon pemilih harus mendapatkan informasi secara langsung dari pihak yang berkepentingan, yaitu paslon, tentang rencana pengelolaan negara dalam lima tahun ke depan.

"Pak Prabowo dan Bang Sandi insyaallah siap, kami berharap paslon sebelah juga siap. Persoalan kesibukan sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan, karena penyampaian visi-misi adalah momen penting kenegaraan," ujar Habiburokhman.


Habiburokhman menambahkan, secara khusus Prabowo dan Sandi akan menjelaskan visi-misi di bidang hukum, penegakan HAM, dan pemberantasan korupsi. Keduanya, lanjut Habiburokhman, menginginkan penegakan hukum yang adil, penghormatan HAM, termasuk di bidang ekonomi dan sosial serta penguatan KPK.

"Tentu rakyat juga mau mendengar bagaimana visi-misi paslon sebelah di tiga bidang tersebut, karena saat ini hukum kerap dianggap tebang pilih, penegakan HAM masih dipertanyakan, dan tindak pidana korupsi masih marak terjadi," tutur Habiburokhman.

Debat pertama capres akan digelar pada 17 Januari 2019. Sebelum itu, KPU menggagas penyampaian visi-misi pasangan calon.

"Sebelum dimulai debat 17 Januari 2019, tanggal ix Januari kita akan melakukan awalan penyampaian visi-misi," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, DKI Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Namun soal kepastian format penyampaikan visi dan misi ini baru akan ditetapkan lebih lanjut pada Rabu (2/1/2019) besok.

Sumber detik.com

Artikel Terkait