Jelang Debat Capres Perdana, Prabowo-Sandiaga Minta Kode Sby

Jelang Debat Capres Perdana, Prabowo-Sandiaga Minta Arahan SBYFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Jakarta -Debat capres-cawapres pertama dalam Pilpres 2019 digelar pada 17 Januari ini. Sebelum debat, pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, akan menemui Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk minta arahan.

"Sudah, lagi diatur waktunya. Tentu Pak SBY yang sangat berpengalaman menangkap isu-isu dan topik-topik yang paling dibutuhkan oleh masyarakat untuk kita sampaikan, dan pendalaman daripada visi-misi kita, dan kisi-kisi kita bagaimana menghadirkan solusi bagi masyarakat. Pak SBY akan menunjukkan sesi khusus kepada saya dan Prabowo," ujar Sandiaga di kantor Seknas Prabowo-Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Sandiaga mengatakan, dalam debat capres nanti, ia akan memaparkan keluhan rakyat yang ia dengar selama safari politik hingga titik ke-1.000. Menurutnya, debat capres merupakan momen terbaik untuk menyuarakan aspirasi rakyat.



"Yang terpenting sesungguhnya menyuarakan apa yang 1.000 titik lebih kemarin itu disampaikan kepada kita di tiap-tiap sesi. Pak Sukirman yang menunjukkan masukan waktu ada di Tarakan, emak-emak yang ada di Jawa Tengah, Ibu Nurul yang ada di Jawa Timur, itu semua yang akan kita angkat. Karena ini yaitu fenomena di mana masyarakat ingin didengar oleh elitenya, ingin diberi solusi atas permasalahannya," papar Sandiaga.

Sandiaga melihat tidak sedikit rakyat yang terkadang sengaja menemui calon pemimpin untuk memberikan keluhan. Untuk itu, sambung Sandiaga, sebagai bentuk perilaku peduli terhadap rakyat, ia akan menyebabkan keluhan tersebut sebagai masukan untuk materi dalam debat capres.

"Mereka tiba tidak dibayar, mereka adakala tiba bawa uangnya sendiri untuk disumbangkan. Ini yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat melalui sesi debat sehingga visi-misi Prabowo-Sandi untuk berpihak kepada rakyat itu dapat terwujudkan," tuturnya.



Menjelang debat pertama, Sandiaga juga akan mempersiapkan sejumlah hal, termasuk kesiapan fisik.

"Saya sudah beberapa kali mengikuti sesi debat ini, harus istirahat yang cukup, harus banyak berdoa, banyak bersyukur dan mendapat masukan dari pakar-pakar kita semoga kita bisa," ujarnya.

Hari ini KPU mengumumkan sejumlah hal terkait debat capres-cawapres pertama. KPU telah menciptakan susunan program di mana akan ada enam segmen dalam debat pertama nanti. Namun debat yang melibatkan capres-cawapres hanya dilangsungkan dalam empat segmen.

"Kita sudah merampungkan rundown debatnya, debat nanti akan disusun dalam empat segmen," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Sumber detik.com

Artikel Terkait