Kjri Cek Kabar Jemaah Umrah Wni Telantar Di Turki

KJRI Cek Kabar Jemaah Umrah WNI Telantar di TurkiIlustrasi (Triono Wahyu S/detikcom)

Jakarta -Sejumlah jemaah umrah WNI dikabarkan telantar di sebuah hotel di Istanbul, Turki. KJRI Istanbul eksklusif mengecek informasi tersebut.

"Sudah (ditangani) eksklusif tadi. Kan kami sanggup laporan, pihak kami eksklusif ke Hotel Titanic," kata Konjen RI Istanbul Herry Sudrajat ketika dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (8/1/2019).


Herry menyampaikan pihak KJRI Istanbul yang diutus ke lokasi telah menemui biro perjalanan yang membawa jemaah umrah WNI itu. Menurut Herry, ketika ini pihak travel tak bisa memulangkan jemaah ke Tanah Air alasannya hambatan teknis.

"Ada staf travel-nya juga di sana, travel yang dari Jakarta dan travel dari Turki ada di sana. Intinya memang yang travel Indonesia ini kesulitan untuk penerbangan. Karena ada penambahan gitu paket tur di Turki, tadinya hanya 3 hari, tapi jadi 5 hari. Nah, ternyata kesulitan untuk penerbangan ke Indonesia. Makanya jadi tercecer menyerupai itu," jelasnya.


Meski begitu, Herry menyebut pihak biro travel tak meninggalkan jemaah. Saat ini, biro perjalanan tengah mengupayakan penginapan satu malam lagi untuk jemaah di hotel yang sama. Sementara itu, rencananya jemaah akan dipulangkan ke Indonesia keesokan harinya.

"Ada beberapa yang belum bisa diberangkatkan ke Indonesia, itu di hotel, kini masih negosiasi. Kaprikornus ini sedang dibicarakan, mungkin memang harus bayar lagi. Diupayakan USD 30 malam ini yang rate-nya USD 50. Sementara mereka sedang menunggu transfer jaminan dari travel Indonesia. Lalu besok dipastikan mereka terbang," kata Herry.

Sumber detik.com

Artikel Terkait