Lokasi Tabrakan Kereta Vs Mobil Di Tanah Abang Perlintasan Liar

Lokasi Tabrakan Kereta Vs Mobil di Tanah Abang Perlintasan LiarPerlintasan liar di Tanah Abang, lokasi tabrakan KRL dan mobil. (Farih/detikcom)

Jakarta -Kereta rel listrik (KRL) dan mobil terlibat kecelakaan di perlintasan di Tanah Abang, Djakarta Pusat. Itu merupakan perlintasan liar.

Kecelakaan tepatnya terjadi di perlintasan kereta api liar di Pintu Air Karet, Jalan Administrasi Negara 1, Tanah Abang, Djakarta Pusat, Rabu (2/1/2018). Ada dua lajur rel di lokasi itu.

Di antara rel itu, terdapat plang yang dibangun warga. Plang terbuat dari kayu dengan tiang besi yang menancap di tanah.


Ada pos di sebelah plang itu. Warga atau tukang ojek secara sukarela menutup dan membuka plang saat akan ada kereta.

"(Perlintasan) liar, pokoknya dari situ, sini, di situ ada lagi tuh perlintasannya liar nggak ada yang jaga," kata Pendi, tukang ojek.

Pendi mengatakan dari dulu hanya inisiatif warga yang menjaga perlintasan itu. Mereka biasanya akan memberi tahu pengemudi jika kereta hendak melintas.

"Iya, dari kita juga suka ada yang markirin kasih tahu pengemudi kalau ada kereta. Itu otomatis yang teriak kadang orang lewat juga kasih tahu kalau ada kereta karena itu kan nyawa orang. Nggak ada (petugas jaga), nggak ada yang gaji. Ya begini aja, di sini sukarelawan anak-anak pangkalan ojek aja dari dulu," ujarnya.

Lokasi Tabrakan Kereta vs Mobil di Tanah Abang Perlintasan LiarPerlintasan liar di Tanah Abang, lokasi tabrakan KRL dan mobil. (Farih/detikcom)

Terkait kecelakaan siang tadi, Pendi menuturkan kereta datang dari arah Palmerah menuju Tanah Abang. Pengemudi mobil nyelonong hingga akhirnya berhenti di antara dua lajur rel.

"Jadi gini, pintu sudah ditutup, dari tadi itu mobil nyelonong. Kereta dari sono (arah Palmerah) keretanya lagi ngebut, berhenti di situ. Pintu sudah ditutup, disuruh mundur nggak sempet. Karena udah saking ngebutnya tuh kereta dihantem langsung naik ke bantalan rel kereta itu," ujarnya.

Menurut Pendi, pengemudi mengaku terburu-buru hendak menjemput orang. Karena itu, pengemudi tidak ngeh plang sudah diturunkan.


Tidak ada korban dalam peristiwa itu. Hanya mobil yang rusak parah.

"Alhamdulillah nggak apa-apa tadi. Cuma mobilnya emang parah, depannya pokoknya habis. Orang kap depannya sampai terlempar ke sana parah. Tadi langsung dievakuasi ke polsek sini," tuturnya.

Sumber detik.com

Artikel Terkait