Ma'ruf Amin: Persatuan Yakni Landasan Penting Jaga Keutuhan Nkri


Cawapres nomor urut 01, Maruf Amin berpesan rasa persatuan harus menjadi landasan penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia beropini bahwa NKRI sudah simpulan yang merupakan menjadi pilar negara bersama Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Maka NKRI dianggap sudah final. Karena sudah berhasil merupakan kesepakatan," katanya dalam Doa Bersama Hari Kelahiran (Harlah) Ke-46 Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dijelaskan Maruf, nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yakni anutan warga negara dalam menjalankan rutinitas.

Menanggapi konsep kekhalifahan, Maruf menyampaikan bahwa negara yang tidak memakai sistem khilafah tidak serta merta dianggap anti-Islam. Negara-negara yang meninggalkan sistem kekhalifaan tetap islami alasannya diputuskan bersama ulama dan warganya.

"Negara tidak menutupnya. Ada UU nikah, wakaf, haji, perbankan syariah, surat berharga syariah negara. Bahwasanya usaha kita harus dalam bingkai NKRI. Ini aku kira yang sudah kita sepakati dan kita jaga hingga kapan pun," tutupnya. [okezone.com]

Artikel Terkait