Sebulan Operasi, Transpatriot Bekasi Belum Penuhi Target Penumpang

Sebulan Operasi, TransPatriot Bekasi Belum Penuhi Target PenumpangTransPatriot Bekasi (Isal Mawardi/detikcom)

Bekasi -Moda transportasi umum TransPatriot Bekasi telah 36 hari beroperasi. Rata-rata jumlah penumpang TransPatriot disebut capai 1.600 orang per hari.

"Satu harinya sudah mencapai 1.600 penumpang," ujar Direktur Utama Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi, Tubagus Suhendra, ketika dihubungi, Selasa (1/1/2019).

Tubagus mengatakan 1.600 penumpang per hari itu masih jauh dari target, karena targetnya adalah 2.160 penumpang per hari.

"Target itu yang baik itu satu trip itu xl orang per bus. Jadi target 2.160 per hari," ujar Tubagus.

Tubagus mengatakan TransPatriot ramai penumpang di saat-saat tertentu. Masyarakat ramai menggunakan jasa TransPatriot pada pagi dan sore hari.

Tubagus menyebut jumlah penumpang masih fluktuatif. Ia berencana memaksimalkan twenty bus rapid transit (BRT) hibah dari Kementerian Perhubungan RI untuk mendongkrak jumlah penumpang TransPatriot.

"Ke depan ini rencana (memaksimalkan) yang tambahan bantuan dari Kemenhub yang (jumlahnya) twenty bus," ujar Tubagus.

Tubagus mengatakan akan mengkaji twenty double-decker hibah Kemenhub. "Ini kan yang twenty (bus hibah) ini belum dikaji. Akan kita kaji dulu. Karena yang baru ini kan high deck. Sementara kalo perlu shelter untuk high deck kan kalo bangun biayanya nggak kecil," ujar Tubagus.

Selain itu, Tubagus menuturkan pihaknya akan terus mensosialisasi TransPatriot di car-free day berupa pamflet dan perlombaan melukis anak-anak. "Ke depannya kita sudah terbayang mengadakan beberapa event supaya masyarakat mau menggunakan TransPatriot," ujarnya.

TransPatriot Bekasi melayani dua rute. Di antaranya Terminal Bekasi-Harapan Indah dan Harapan Indah-Terminal Bekasi. Namun kedua rute tersebut melewati jalan yang berbeda.

Rute pertama, Terminal Bekasi menuju Harapan Indah akan melintasi Jalan Djuanda, Bulak Kapal, Jalan Haji Martono, Jalan Cut Meutia, Jalan Chairil Anwar DPRD, Rawa Panjang, Metropolitan Mall (Jalan Jend Ahmad Yani), Jalan Sudirman, Kranji, hingga Harapan Indah.

Rute kedua, dari Harapan Indah menuju Terminal Bekasi yang akan melintasi Harapan Indah, Jalan Sudirman, Jalan Sultan Agung, Jalan Djuanda, Stasiun Bekasi, sampai Terminal Bekasi.

Sumber detik.com

Artikel Terkait