Soal Ruu Pesantren, Tkn Sebut Kebijakan Sandiaga Selalu Mengikuti Jokowi


Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyebut Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno hanya mengikuti kebijakan Jokowi terkait RUU Pesantren. Usulan RUU itu telah usang diinisiasi dewan perwakilan rakyat dan disetujui Jokowi.

Sandiaga berjanji akan mendorong dewan perwakilan rakyat segera mengesahkan RUU ini jikalau nanti terpilih dalam Pilpres. Hal ini dijanjikan ketika mengunjungi pondok pesantren di Samarinda.

"Sandi memberikan bahwa kebijakan-kebijakannya itu follower saja. Dia enggak punya kebijakan aslinya. Aslinya seluruh kebijakan Pak Jokowi itu lah yang diikuti oleh Sandi," kata Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, Sabtu (5/1).

Karding menyampaikan RUU ini diinisiasi oleh PKB dan PPP. Sejak draf RUU masih dibahas di DPR, Jokowi memberi respons positif. Setiap berkunjung ke pondok pesantren, Jokowi selalu menyinggung soal RUU ini ibarat dalam kunjungan ke Aceh, Jombang, dan Tulungagung.

"Di beberapa kunjungan ke pesantren yang saya ikuti, Pak Jokowi senantiasa memberikan bahwa UU pesantren ini merupakan payung aturan bagi upaya kita meningkatkan kualitas dan daya saing santri ke depan," terperinci Karding.

"Dari UU Pesantren ini lah nanti dilahirkan apa yang disebut pesantren yang sarana, prasarana dan infrastrukturnya memadai, guru-guru dan ustaz kesejahteraan terpenuhi dan juga santri-santri yang dapat mencar ilmu dengan baik," lanjutnya.

RUU Pesantren ini menurutnya sebagai langkah Jokowi untuk memperkuat SDM para santri. Santri harus mempunyai kemandirian, keunggulan dan produktivitas. Dengan demikian Indonesia tak akan tertinggal dengan SDM negara maju dan mempunyai daya saing.

"Pak Jokowi meyakini dengan ada payung aturan ini kemudian negara akan merampungkan kewajibannya yang berimbang antara pendidikan umum dan pendidikan keagamaan dimana mempunyai payung aturan untuk dianggarkan oleh pemerintah sentra maupun daerah. Begitu pula dengan kebijakan-kebijakan lain yang berpihak pada santri, pada pesantren, pada madrasah, dan kepada PAUD. Itu yang Pak Jokowi lakukan selama ini terhadap gagasan dan dorongan dia terhadap RUU Pesantren," tutupnya.

Sandiaga bertemu dengan para pengasuh pondok pesantren di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (5/1). Dalam pertemuan itu dia berjanji jikalau pasangan nomor urut 02 terpilih, dia akan mendorong koalisi di dewan perwakilan rakyat segera mengesahkan RUU Pesantren. Dia juga berjanji akan mengakibatkan pesantren sebagai salah satu kawah candradimuka untuk membuat wirausaha baru.

"Santri yang membuat lapangan kerja baru," ujarnya. [merdeka.com]

Artikel Terkait