Jokowi: Desa Jadi Bintang Utama Pembangunan 4 Tahun Ini

Foto: Okezone

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperlihatkan perhatian serius untuk desa di empat tahun pemerintahannya. Dana Desa yang digelontorkan dari tahun ke tahun terus meningkat demi meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya ingin memberikan bahwa yang namanya desa itu selalu ada di pikiran dan hati aku sebab aku berasal dari desa. Selama empat tahun ini pemerintah betul-betul fokus pada desa. Desa menjadi bintang utama dalam pembangunan 4 tahun ini,” kata Jokowi dikala sarasehan Pengelolaan Dana Desa se-Jawa Tengah di Semarang, Kamis (22/11/2018).

Dalam program yang diikuti para kepala desa, perangkat serta pendamping desa se-Jawa Tengah itu, Jokowi menegaskan bahwa pembangunan desa memegang peranan penting dalam kemajuan bangsa. Apalagi, Indonesia mempunyai 74 ribu desa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

“Saya percaya bahwa dengan membangun desa maka dapat membangun Indonesia. Karena Indonesia ini terdiri dari 74 ribu desa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote,” terangnya bersemangat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu merinci, pemerintahannya terus meningkatkan besaran Dana Desa. Anggaran tersebut masih ditambah dari kucuran APBD, baik provinsi beserta kabupaten/kota yang jumlahnya cukup besar.

“Kita lihat dana yang telah dikucurkan oleh pemerintah. Tahun 2015 Rp20 triliun, 2016 Rp47 triliun, 2017 Rp60 triliun, 2018 Rp60 triliun, tahun depan 2019 Rp70 triliun. Naik terus. Contoh di Jawa Tengah tahun ini mendapat Rp6,7 triliun,” tukas dia. [okezone.com]

Artikel Terkait