Daftar Jalan Tol Yang Siap Beroperasi 2019


PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyebut ada beberapa ruas tol yang akan beroperasi di tahun 2019. Ruas tol tersebut terdiri dari jalan Tol Trans Jawa sampai Trans Sumatera.

Direktur Utama Jasa Marga Dessy Ariani mengatakan, ruas tol yang akan beroperasi dalam waktu bersahabat ialah Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi VII. Ruas yang akan dioperasikan pada awal tahun 2019 ini merupakan ruas tol yang menghubungkan Sei Rampah menuju Tebing Tinggi dengan panjang 7,65 kilometer (km).

Sedangkan untuk seksi I sampai VI sudah lebih dahulu beroperasi. Adapun panjang jalan tol MKTT seksi I sampai VI ialah 52,35 km.

"Medan-Kualanamu yang seksi terakhir rampung. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi kan kemarin gres 6 seksi. seksi ketujuhnya rampung kan udah dibuka," ungkapnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Dessy menambahkan, rencananya jalan tol yang merupakan bab dari Trans Sumatera ini akan dioperasikan pada semester awal 2019, aehingga dibutuhkan arus kemudian lintas masyarakat Sumatera dapat lebih lancar.

"Semester satu itu Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," ucapnya.

Sementara itu, untuk ruas tol yang akan beroperasi lainya yang paling banyak berada di Pulau Jawa. Adapun beberapa ruas tol Trans Jawa yang akan beroperasi meliputi, Jakarta-Cikampek Elevated II, Pandaan-Malang, sampai Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

"Pandaan-Malang rampung (di 2019), Japek Elevated II harus rampung, JORR II juga rampung," ucapnya.

Khusus Japek Elevated II lanjut Dessy, pihaknya menargetkan dapat dipakai masyarakat ketika pulang kampung Idulfitri 2019. Meskipun jalan tol tersebut nantinya masih bersifat fungsional.

"Kita berharap dapat fungsional di Lebaran, tapi untuk selesai tuntasnya kuartal III lah. JORR 2 ya triwulan III- triwulan IV," jelasnya. [okezone.com]

Artikel Terkait