Jkt-Sby Tersambung Tol, Jokowi: Ayo Liburan Di Dalam Negeri


Dalam hitungan hari, tahun 2018 akan berakhir. Liburan selesai tahun pun menanti masyarakat Indonesia.

Bagi yang masih resah memilih tempat menghabiskan waktu liburan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat berlibur di dalam negeri sambil menjajal jalan tol Trans Jawa.

Dia bilang, jalan yang membentang 760 kilometer (km) dari Jakarta-Surabaya ini patut dijajal dikala liburan selesai tahun. Ada banyak daerah-daerah wisata yang sanggup dijangkau lewat banyak sekali rute pilihan di Pulau Jawa.

"Ke mana kalian berlibur di selesai tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri," kata Jokowi menyerupai yang dikutip dari akun Instagram-nya, Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

"Kalian yang di Pulau Jawa, contohnya sanggup bepergian antarkota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, hingga Surabaya, misalnya, sekarang punya banyak pilihan rute. Jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah," tambah dia.

Jokowi menyebut, bagi masyarakat yang ingin liburan di Pulau Jawa pun sanggup menikmati jalur cepat yakni Tol Trans Jawa yang tersambung dari Jakarta-Surabaya. Banyak pengalaman yang tersedia dikala melintasi jalan tol itu.

"Jalannya mulus, lebar, dan memperlihatkan pengalaman baru. Ada pemandangan alam indah hampir di sepanjang jalan, obyek-obyek wisata yang layak untuk menjadi latar foto untuk disebar melalui media sosial, masakan lokal di rest area, bahkan jalan tol itu sendiri," ujar dia.

Jokowi bilang, masyarakat akan banyak menemukan senja di jalan tol yang membentang 760 km ini. Lalu pemandangan yang menciptakan mata tidak sanggup berkedip.

Seperti di ruas tol Bawen-Salatiga sanggup memandang Gubung Merbabu, ruas ini juga terdapat Jembatan Tuntang yang melewati daerah hutan dan Danau Rawa Pening. Lalu di daerah Kendal, ruas tol Batang-Semarang ada Jembatan Kalikuto.

Sekain itu, Mantan Wali kota solo ini juga mengungkapkan bahwa di sepanjang jalan tol, terdapat tempat-tempat peristirahatan dengan kemudahan toilet, masjid, dan musala, serta warung-warung yang memperlihatkan aneka masakan lokal.

Dirinya mengaku pernah singgah di rest area kilometer 597 ruas tol Ngawi-Kertosono, dan merasakan pecel Madiun, sate Ponorogo, dan kopi lokal.

"Begitulah, Jalan Tol Jawa sekarang memungkinkan kita menikmati perjalanan yang cepat, indah, dan menyenangkan. Dan satu lagi: foto-foto perjalananmu laik untuk dibagikan di media sosial, selamat berlibur," kata Jokowi. [detik.com]

Artikel Terkait