Jokowi: Mulai Hari Ini Tol Merak Hingga Pasuruan Dapat Dilewati


Presiden Joko Widodo meresmikan tiga ruas jalan tol di daerah Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018) siang. Ketiga ruas tol tersebut yaitu Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura.

Dengan diresmikannya tiga ruas tol tersebut, lanjut Jokowi, masyarakat bisa memakai jalan tol mulai dari Merak hingga Pasuruan.

"Artinya semenjak hari ini Merak Sampai Grati di Pasuruan telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati," ujar Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Kamis.

Jokowi berharap Tol Trans Jawa sanggup mempercepat mobilitas barang dan orang. Dengan begitu dibutuhkan bisa memangkas biaya operasional yang dikeluarkan oleh industri.

"Kita juga ingin tol ini bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri, dengan daerah ekonomi khusus dan dengan daerah wisata. Kita akan terus mendorong supaya investasi bisa masuk ke kawasan-kawasan industri, baik yang gres maupun pengembangan yang lama. Kita harapkan dengan investasi ini lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mencoba Tol Trans Jawa. Dia menginginkan masyarakat mencicipi perbedaan sebelum dan sesudah adanya tol tersebut.

"Mari coba dari Merak hingga Pasuruan, atau dari Jakarta hingga ke Surabaya, mumpung masih gratis yang baru, bisa dicoba kini berapa jam dulu berapa jam," ucap dia.

Sebelum meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah, Jokowi telah meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur.

Keempatnya yaitu Tol Wilangan-Kertosono mempunyai panjang 39 kilometer, dan Tol Bandar-Kertosono panjangnya 1 kilometer.

Kemudian, Tol Porong-Gempol sepanjang 7 kilometer dan Tol Pasuruan-Grati sepanjang 12 kilometer. [kompas.com]

Artikel Terkait