Ribuan Warga & 500 Penari Kolosal Akan Sambut Joko Widodo Di Tana Toraja


Pemerintah tempat dan warga Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menghadiri perayaan Natal Oikumene dipusatkan di Plaza Kolam Makale, pada Minggu 23 Desember 2018.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara mengatakan, Presiden akan disambut dengan banyak sekali tarian kolosal dengan nuansa budaya khas Tana Toraja.

“Persiapan sudah 90 persen sudah siap termasuk pelibatan seluruh masyarakat, tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Tana Toraja. Sebanyak 500 penari tarian kolosal akan menyambut bapak Presiden Joko Widodo yang berasal dari bawah umur pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan warga,” kata Victor, Sabtu (22/12/2018).

Victor menambahkan, aktivitas yang dipusatkan di plaza bak Makale akan menampung sebanyak 28 ribu warga pengunjung. Jokowi sehabis menerima penyambutan tarian kolosal khas etnis Toraja dijadwalkan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati.

“Setelah memberi sambutan, Presiden Joko Widodo akan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati yang ada di Burake, sehabis itu eksklusif berinteraksi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada disini, berdialog dengan masyarakat Toraja,” jelasnya.

Atraksi seni dan budaya yang rencananya akan ditampilkan ketika menyambut Presiden Jokowi yaitu Pa’randing Dodo Pandin, Ondo pua, Ma’nani, Ma’lambuk dan tari Ma’ bugi’ Semuanya menampilkan keragaman budaya dan kearifan lokal Toraja. [okezone.com]

Artikel Terkait