Istana Jelaskan Alasan Kepala Bnpb Harus Pejabat Tni Aktif

Istana Jelaskan Alasan Kepala BNPB Harus Pejabat Tentara Nasional Indonesia AktifMoeldoko (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta -Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) direncanakan diisi pejabat aktif dari TNI. Istana menjelaskan, pejabat aktif lebih gampang melaksanakan konsolidasi terkait kebencanaan.

"Diharapkan pejabat aktif. Kenapa aktif? Kalau kebencanaan itu yang action dari tentara, kepolisian. Kalau yang aktif gampang konsolidasi," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).


Nama yang disebut akan mengisi jabatan tersebut ialah Letnan Jenderal Tentara Nasional Indonesia Doni Monardo. Revisi peraturan presiden yang mengatur soal BNPB juga tengah disusun.

"Kalau kita melihat kebencanaan masih berlangsung. Perlu secepatnya, walaupun bukan berarti pejabat yang usang tidak dioptimalkan," kata Moeldoko.

Dalam perpres, nantinya BNPB akan bertanggung jawab di bawah Menko Polhukam. Sedangkan kepada Menko PMK terkait rehabilitasi.


Dimintai pendapat secara terpisah, Menko Polhukam Wiranto tidak mau berkomentar lebih banyak soal pengisian jabatan Kepala BNPB. Ia berharap Kepala BNPB pengganti Willem Rampangilei segera dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mudah-mudahan secepatnya," ujar Wiranto.


Tonton juga video 'Anggaran Bencana di Tahun 2019 Naik Kaprikornus Rp 15 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]


Istana Jelaskan Alasan Kepala BNPB Harus Pejabat Tentara Nasional Indonesia Aktif


Sumber detik.com

Artikel Terkait