Jokowi Ungkap Korelasi Erat Dengan Erdogan Ke Dubes Iqbal

Jokowi Ungkap Hubungan Dekat dengan Erdogan ke Dubes IqbalDuta Besar LBBP RI untuk Turki Lalu M Iqbal (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta -Lalu M Iqbal dilantik menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Turki. Iqbal mengaku diceritakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal relasinya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Bapak Presiden pada dikala tadi photo session memberikan korelasi pribadi dia dengan Presiden Erdogan sangat dekat. Beberapa kali melaksanakan telepon langsung, pembicaraan pribadi dengan Presiden Erdogan," ujar Iqbal sesudah dilantik Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Pria yang sebelumnya menjabat Dirjen Perlindungan WNI Kemlu ini menegaskan korelasi antara Indonesia dan Turki sangat penting. Iqbal akan berupaya meningkatkan diplomasi antara Indonesia-Turki.

"Salah satunya people to people contact alasannya sibuk urusan internal masing-masing. Perdagangan dan budaya, people to people contact dengan pemerintahnya, pengusahanya. Saya kira saya beruntung saya ditempatkan di negara yang kedua belah pihak mempunyai antusiasme yang sama untuk menyebarkan korelasi itu," kata Iqbal.


Komitmen memerangi foreign terrorist fighters (FTF) juga terus dipertahankan. Apalagi, kata Iqbal, ada ratusan WNI terkait terorisme yang dipulangkan dari Turki.

"Pemerintah Turki banyak bantu kita, kita pulangkan FTF ada 500 WNI yang sebagian besar belum ke Suriah alasannya keburu ditangkap oleh pemerintah Turki, tapi fenomena itu hampir tidak ada alasannya jatuh awal tahun lalu, jatuhnya Raka ke koalisi. Relatif fenomena itu menurun. Makara pemerintah Indonesia dan Turki punya antusiasme untuk menuntaskan FTF ini dengan baik," ujar Iqbal.

Sumber detik.com

Artikel Terkait