Jokowi Vs Prabowo Di Pusaran Tema Debat Pertama

Jokowi vs Prabowo di Pusaran Tema Debat PertamaJokowi dan Prabowo di Padepokan Pencak Silat. Foto: Twitter @pramonoanung

Jakarta -Pekan depan capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto akan berhadapan dalam panggung debat perdana Pilpres 2019. Tema untuk debat kali ini yaitu 'Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme'.

"Yang kita inginkan dari metode debat KPU, kini ini mengeksplorasi gagasan visi-misi itu," ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).



Jokowi dan Prabowo bergotong-royong sudah pernah bertemu di atas panggung debat capres pada Pilpres 2014. Kini mereka kembali akan kembali berhadapan, namun dengan pasangan duet yang berbeda.

Baik pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno sudah menyiapkan visi-misi sampai kegiatan kerja yang telah dikumpulkan ke KPU semenjak beberapa bulan lalu. Pada dokumen yang mereka kirim tertulis janji-janji terkait hukum, HAM, penanganan korupsi, sampai menanggulangi terorisme.



Berikut perbandingan gagasan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga sesuai tema debat perdana Pilpres 2019:

Hukum

Jokowi-Ma'ruf lebih fokus kepada reformasi sistem hukum. Sementara itu Prabowo-Sandiaga menekankan pada penegakkan supremasi hukum.

Selengkapnya perihal perbedaan gagasan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga di bidang aturan bisa dilihat di sini!

HAM

Jokowi yang merupakan petahana masih mengedepankan penyelesaian kasus HAM masa kemudian dalam janjinya kali ini. Sementara itu Prabowo dalam dokumen visi-misi memang tak eksplisit menulis HAM, namun beliau berjanji memenuhi kebutuhan hak dasar fakir miskin dan kaum rentan lainnya.

Lebih lanjut mengenai visi dan misi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga seputar HAM dan hak lainnya bisa disimak di sini!

Korupsi

Untuk info korupsi, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga tampak kompak sebab fokus pada pencegahan. Keduanya juga sama-sama berniat menguatkan KPK.

Apa saja persamaan pandangan keduanya perihal pencegahan korupsi? Simak di sini!

Terorisme

Pasangan Jokowi-Ma'ruf berniat memberantas terorisme mulai dari penguatan ideologi negara. Sementara itu Prabowo-Sandiaga ingin lebih menguatkan aparat, dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia dan Polri.

Simak perbedaan gagasan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga melawan terorisme di sini!

Sumber detik.com

Artikel Terkait